Gambaran Penyimpanan Sediaan Farmasi di Puskesmas Kasihan 1 Kabupaten Bantul

Ayu Wulandari, Risna Nurul Arafah, Prita Anggraini Kartika Sari, Wening Esti Utami

Abstract


Latar belakang: Penyimpanan obat yang baik merupakan salah satu upaya dalam menjamin dan mempertahankan mutu obat di Puskesmas. Kesalahan dalam penyimpanan obat di puskesmas dapat menyebabkan obat menjadi rusak sehingga menjadikan turunnya kadar/potensi obat sehingga bila dikonsumsi oleh pasien menjadi tidak efektif dalam terapinya.

 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyimpanan obat di Puskesmas Kasihan 1 Kabupaten Bantul.

 

Metode: Design penelitian yang digunakan adalah deskriptif cross sectional.. Hasil penelitian disusun dan disajikan dalam bentuk gambar hasil observasi, dan dalam bentuk narasi mengenai proses pengelolaan penyimpanan obat.

 

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sarana dan prasarana di gudang penyimpanan obat pada Puskesmas Kasihan 1 belum terpenuhi dengan baik. Gudang penyimpanan obat sempit, tidak dilengkapi pallet serta monitoring suhu tidak dilengkapi dengan form pemantauan. Tata cara penyusunan obat dalam penerapannya sudah sesuai Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Saran untuk menjaga mutu sediaan, suhu penyimpanan dilengkapi dengan form pemantauan suhu sebagai dokumentasi pengontrol suhu serta obat yang tersimpan dalam dus di letakkan diatas pallet agar terhindar dari kelembaban (obat tidak rusak).

 

Kesimpulan: Sarana dan prasarana di gudang penyimpanan obat di Puskesmas Kasihan 1 belum terpenuhi dengan baik sementara tata cara penyimpanan dan penyusunan obat dalam penerapannya sudah sesuai Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.

Anandani, G. I., Fauziah, R., Rusmana, W. E., Piksi, P., & Bandung, G. (2022). Evaluasi Sistem Penyimpanan Obat Antibiotik dengan Menggunakan Metode Fifo dan Fefo di Gudang Farmasi Rumah Sakit X. 2(3), 364–372.

Ervianingsih, Razak, A., & Anastasia, D. (2021). Analisis Penyimpanan Obat di Puskesmas Wara Kota Palopo. Jurnal Fenomena Kesehatan, 04, 435–440.

Hansen, N., Sari, Y. O., & Rahmadriza, Z. (2021). Profil Penyimpanan Obat Pada Puskesmas di Kota Padang Sumatera Barat. Sains Farmasi & Klinis, 8(3), 309–315. https://doi.org/10.25077/ jsfk.8.3.309-315.2021

Pondaag, I. G., Sambou, C. N., Kanter, J. W., & Untu, S. D. (2020). Evaluasi Sistem Penyimpanan Obat Di UPTD Instalasi Farmasi. 3(1), 54–61.

Tuda, I., Tampa, R., Maarisit, W., & Sambou, C. (2020). Evaluasi Penyimpanan Obat Di Instalasi Farmasi UPTD Puskesmas Tuminting. 3(2), 77–83.

Wijana, I. K., Sari, F. E., Aryastuti, N., Print, I., & Online, I. (2020). Analisis Penyimpanan Obat di Puskesmas Rejo Katon Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.