Edukasi Bersama Pengenalan dan Pencegahan Gejala Batuk Pilek

Cahyani Ari Palupi, Novita Dwi Arista, Muhammad Muhlis, Hartatik Hartatik

Abstract


Latar Belakang: Gambaran pola penyakit yang paling banyak dialami masyarakat khususnya wilayah Imogiri yaitu batuk pilek dikarenakan adanya kenaikan kasus virus omicron pada awal bulan Maret ini. Diangkatnya tema “Edukasi Bersama Pengenalan dan Pencegahan Gejala Batuk Pilek” yang berhubungan dengan adanya pandemi virus omicron yang sedang naik kasusnya dengan harapan dapat membedakan dan mengenali gejala batuk pilek biasa atau batuk pilek karena virus.

 

Tujuan: Salah satu upaya mahasiswa profesi apoteker UAD yaitu mengadakan kegiatan promosi kesehatan yang diharapakan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang batuk pilek sehingga dapat mengenali tanda gejalnya dan dapat membedakan penyebab jenis batuk pileknya dan dapat meningkatkan kemauan dan kemampuan masyarakat untuk memelihara, meningkatkan dan memjaga kesehatannya terutama di era pandemi ini.

 

Metode: Kegiatan ini bersifat edukatif sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan secara verbal atau langsung kepada sasaran yaitu masyarakat khususnya wilayah Imogiri yang sedang berobat di Puskesmas Imogiri 1 Bantul.

 

Hasil: Partisipan menerima informasi dengan baik dan dapat memberikan respon umpan balik dengan adanya beberapa pertanyaan yang diajukan.

 

Kesimpulan: Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan promosi kegiatan berjalan dengan lancar dan diterima dengan baik karena adanya respon umpan balik antara pemberi informasi dengan penerima informasi (responden).


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2014, Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia No 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Jakarta, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Anonim, 2016, Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia No 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Jakarta, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.