Efektivitas Promosi Kesehatan mengenai Pencegahan dan Penanganan Covid-19 terhadap Pemahaman Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pandak I Bantul

Irhan Irhan, Diaz Herdi Hantoro, Ana Hidayati, Muslimatul Khotimah

Abstract


Puskesmas Pandak I merupakan puskesmas yang berada di Kabupaten Bantul dengan wilayah kerja mencakup 2 desa yakni Desa Wijirejo dan Gilangharjo. Daerah tersebut merupakan daerah dengan zona resiko tinggi penyebaran Covid-19. Hal ini dapat disebabkan karena pengetahuan masyarakat yang masih rendah mengenai protokol kesehatan sehingga Covid-19 semakin cepat menyebar ke segala kalangan masyarakat. Berdasarkan alasan tersebut dilakukan promosi kesehatan (promkes) di Puskesmas Pandak I dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara pencegahan dan penanganan Covid-19. Promosi kesehatan diikuti oleh masyarakat yang mengunjungi Puskesmas Pandak I tanggal 22 Februari 2022. Metode yang digunakan yakni metode ceramah disertai media leaflet dan diikuti dengan peragaan langsung oleh responden. Keberhasilan promosi kesehatan ditentukan dengan pre-test dan post-test dan dianalisis dengan paired sample t test. Hasil analisis data dengan paired sample t tets SPSS menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan materi promosi kesehatan yang disertai dengan pemberian leaflet. Kesimpulan yang diperoleh yaitu promosi kesehatan (promkes) mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan metode ceramah + media leaflet yang dilakukan di Puskesmas Pandak I berjalan secara efektif dan pemahaman peserta peserta meningkat dimana hasilnya menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test.

 


Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Kementrian Kesehatan RI.

Kaur, S., Bherwani, H., Gulia, S., Vijay, R., Kumar, R. (2020). Understanding COVID-19 Transmission, Health impacts And Mitigation: Timely Social Distancing is The Key. Environment, Development and Sustainability. 23. https://doi.org/10.1007/s10668-020- 00884-x.

World Health Organization. (2020). Novel Coronavirus (2019-nCoV): Situation Report 1. World Health Organization.

World Health Organization. (1986). Ottawa charter for health promotion.

Chen, F.L., Lee, A. (2016). Health-promoting Educational Settings in Taiwan: Development and Evaluation of The Health-Promoting School Accreditation System. Global Health Promotion 23 (1). https://doi.org/10.1177/1757975916638286

Anonim. (2022). Pedoman Tatalaksana Covid-19, PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, IDAI.

Barik, A.L., Purwaningtyas, R.A., Astuti, D. (2019). The Effectiveness of Traditional Media (Leaflet and Poster) to Promote Health in a Community Setting in the Digital Era: A Systematic Review. Journal Ners. 14 (3). http://dx.doi.org/10.20473/jn.v14i3(si).16988.

Notoadmojo, S., (2015). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, E., Irfan, M., Friedrich, M., Harter, M., Palacios, S. (2021). Intervensi Perubahan Perilaku untuk Penguatan Cuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia: Sebuah Panduan Orientasi untuk Fasilitator dan Praktisi. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Silva, M.J., Santos, P. (2021). The Impact of Health Literacy and Knowledge and Attitudes towards Preventive Strategies against COVID-19: A Cross Sectional Study, International Journal of Environmental Research and Public Health,18 (5421).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.