Pemberian Edukasi Program Wow Mantul (Wolbachia Wis Masuk Bantul) Menuju Masyarakat Bantul Bebas DBD

Riska Safitri, Meidina Putri Ananda, Muhammad Muhlis, Petrina Yugaswari

Abstract


Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan merupakan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Kasus yang sedang menjadi fokus pemerintah Kabupaten Bantul adalah pengendalian kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini dikarenakan kasus DBD di Kabupaten Bantul seringkali menempati posisi teratas di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan total kasus selama 2018-2020 adalah 2.159 kasus. Pemerintah Kabupaten Bantul berinovasi dengan basis saintifik berupa penerapan teknologi nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia. Program ini merupakan program pengendalian dengue dengan teknologi nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia. Sehingga perlu adanya pemberian edukasi terkait program WoW Mantul tersebut. Pemberian edukasi ini bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Bantul bebas DBD. Kegiatan ini dilakukan secara langsung kepada masyarakat khususnya wilayah Kelurahan Bangunharjo dan Kelurahan Panggungharjo yang sedang berobat di Puskesmas Sewon II dengan menggunakan media leaflet. Kegiatan pemberian edukasi mengenai program WoW Mantul dengan menggunakan leaflet dan disampaikan secara perorangan ini mendapatkan respon yang positif dari warga. Pelaksanaan kegiatan pemberian edukasi Program WoW Mantul (Wolbachia Wis Masuk Bantul) dilakukan dengan menggunakan metode penyampaian informasi pada media leaflet secara perorangan. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 585/Menkes/SK/V/2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Puskesmas. Jakarta: Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.