Promosi Kesehatan dan Studi Kasus pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di Puskesmas Imogiri I

Azizah Putri, Wardatun Jamilah, Hendy Ristiono, Hartatik Hartatik

Abstract


Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang terjadi saat pankreas tidak lagi mampu membuat insulin, atau bila tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin yang dihasilkannya dengan baik. Komplikasi akibat diabetes melitus akan berdampak pada usia harapan hidup, meningkatnya angka kesakitan hingga kematian. Berdasarkan daftar 10 besar penyakit tahun 2019 di Puskesmas Imogiri I diabetes melitus berada pada daftar ke enam sebagai penyakit terbanyak dengan persentase 6,50%. Pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan bertujuan untuk memberikan edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang penyakit diabetes serta lebih waspada terhadap komplikasi yang bisa disebabkan oleh diabetes melitus tipe II. Metode promosi kesehatan dilakukan dengan cara pemaparan materi dengan media poster dan studi kasus pada pasien diabetes melitus tipe II berdasarkan data rekam medik pasien rawat jalan Puskesmas Imogiri I. Hasil promosi kesehatan yang telah dilakukan kepada masyarakat umum wilayah Puskesmas Imogiri I dengan tema “Waspada dan Kenali Diabetes Melitus” dapat disimpulkan bahwa masyarakat mendapatkan pemahaman tentang tanda dan gejala diabetes melitus serta mendapat wawasan baru tentang komplikasi penyakit diabetes melitus.


Full Text:

PDF

References


Federation ID. IDF Diabetes Atlas. Seventh Edition ed. Belgium: International Diabetes Federation. 2015.

Kemenkes RI, 2011, Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan: Panduan bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kemenkes RI, 2011, Pedoman Pelaksanaa Jaminan Kesehatan Masyarakat, Jakarta: Kemenkes.

Permenkes RI, 2019, Pusat Kesehatan Masyarakat Nomor 43, Kementrian Kesehatan Republik

Indonesia, Jakarta.

Salbiah Rahayu, R. A. T. I. H. (2018). Pengaruh Pengetahuan Pra Lansia Dan Lansia Dalam Upaya

Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus Melalui Promosi Kesehatan Jargon “Cerdik” Di Posbindu Desa Nagreg Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung.

World Health Organization 2017. Diabetes. Media Centre. Diunduh dari http://ww

w.who.int/mediacentre/factsheets/fs31


Refbacks

  • There are currently no refbacks.