Bijak Menggunakan Antibiotik

Al-Farisi, A.D, Wahyuni, A, Bachri, Bachri, M.S, Utami, W.E.

Abstract


Saat ini penggunaan antibiotik secara bebas dan keliru masih sangat tinggi, hal ini menjadikan tingkat resitensi antibiotik yang tinggi. Indonesia menduduki peringkat ke-8 negara di dunia kejadian resistensi antibiotik. Dilakukan promosi kesehatan di Puskesmas Kasihan 1 Bantul dikarenakan masih rendahnya pemahaman masyarakat terkait penggunaan antibiotik yang benar. Hasil identifikasi awal menyatakan 30% responden masih belum memahami penggunaan antibiotik yang benar. Kemudian setelah dilakukan edukasi 90% responden memahami penggunaan antibiotik yang benar. Hasil kegiatan promosi kesehatan di Puskesmas Kasihan 1 Bantul yang telah dilakukan terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat yang bermakna terhadap penggunaan antibiotik yang tepat dan benar.


Full Text:

PDF

References


Purwidyanigrum, I. et al. (2019). Dagusibu, P3K ( Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di rumah dan Penggunaan Antibiotik yang rasional di di kelurahan Nusukan’, Journal of Dedicators Community.

Utami ER. (2012). Antibiotika, Resistensi, Dan Rasionalitas Terapi.

Nastiti, F. H. L. (2011) Pola Peresepan dan Kerasionalan Penggunaan Antimikroba pada Pasien Balita di Puskesmas Kecamatan Jatinegara. Universitas Indonesia.

Tjay, T. H. and Rahardja, K. (2007) Khasiat, Penggunaan, dan Efek Sampingnya, Obat - Obat Penting.

Yarza H.L, Yanwirasti, Lili Irawati. (2015),Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Penggunaan Antibiotik Tanpa Resep Dokter, Jurnal Kesehatan Andalas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.