Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Telemedicine Prolanis di UPT Puskesmas Sewon 2 Kabupaten Bantul Yogyakarta

Iftita Nuratika R, Achmad Rizaldy, Ginanjar Zukhruf S, Petrina Y

Abstract


Telemedicine merupakan salah satu cara untuk mempermudah dalam proses konsultasi, perawatan dan pengobatan pasien di era pandemi Covid-19. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dan tujuan utama dalam keberhasilan suatu perawatan di bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pada pelayanan telemedicine prolanis di UPT Puskesmas Sewon II Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah pasien prolanis yang terdaftar di UPT Puskesmas Sewon II Kabupaten Bantul sebanyak 15 dengan kriteria inklusi pasien hipertensi dan diabetes melitus, pasien rawat jalan, dan mampu menggunakan handphone. Data kepuasan telemedicine diamati dengan pengisian kuisioner terstruktur melalui google form. Hasil penelitian berupa skor penilaian pasien dianalisis dan dikelompokkan sesuai tingkatannya sehingga didapatkan tingkat kepuasan pelayanan telemedicine pada prolanis yaitu 41,53 dari total skor 50. Atau persentase tingkat kepuasan pasien Prolanis pada kategori tinggi di UPT Puskesmas Sewon II Bantul sebesar 53,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas pasien merasa puas terhadap pelayanan telemedicine di Puskesmas Sewon II Kabupaten Bantul.


Full Text:

PDF

References


Badan Penyelengara Jaminan Sosial Kesehatan. (2015). Panduan praktis PROLANIS (Program pengelolaan penyakit kronis), BPJS Kesehatan. Jakarta.

Bassi, M. et al. (2022) ‘Patient Satisfaction of Telemedicine in Pediatric and Young Adult Type 1 Diabetes Patients During COVID-19 Pandemic’, Frontiers in Public Health, 10(March), pp. 1–8. doi: 10.3389/fpubh.2022.857561.

Demeke, H. B., Merali, S., Marks, S., Pao, L. Z., Romero, L., Sandhu, P., Clark, H., Clara, A.,McDow,

K. B., Tindall, E., Campbell, S., Bolton, J., Le, X., Skapik, J. L., Nwaise, I., Rose,M. A., Strona,

F. V., Nelson, C., & Siza, C. (2021). Trends in Use of Telehealth Among Health Centers During the COVID-19 Pandemic — United States, June 26–November 6, 2020. MMWR Surveillance Summaries, 70(7), 240–244.

Galiero, R., Pafundi, P. C., Nevola, R., Rinaldi, L., Acierno, C., Caturano, A., Salvatore, T., Adinolfi,

L. E., Costagliola, C., & Sasso, F. C. (2020). The Importance of Telemedicine during COVID-19 Pandemic: A Focus on Diabetic Retinopathy. Journal of Diabetes Research.

Herwando, H., & Sitompul, T. H. (2021). Evaluasi Manfaat Penerapan Telemedicine di Negara Kepulauan: Systematic Literature Review. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(2), 91-101.

Liu, Y., Gayle, A. A., Wilder-Smith, A., & Rocklöv, J. (2020). The reproductive number of COVID-19 is higher compared to SARS coronavirus. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1– 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.