Gambaran Pemberian Obat pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Jetis 1 Bantul

Nur Idha Sri Budiarti, Nurkhalisa Ekaputri, Wahyu Widyaningsih, Umi Atiningsih

Abstract


Hipertensi adalah kondisi medis serius yang menyebabkan gangguan sistem dalam peredaran darah dan mengakibatkan kenaikkan tekanan darah di atas rentang nilai normal, yaitu dengan tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg atau dengan tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg. Penelitian ini adalah penelitian observasional bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Jetis 1 pada bulan April 2022. Sampel dalam penelitian ini yaitu pasien hipertensi yang berobat di Puskesmas Jetis 1 pada bulan Maret 2022. Pemberian obat hipertensi di Puskesmas Jetis 1 pada bulan Maret 2022, obat Amlodipin merupakan obat terbanyak yaitu mencapai 46,03% dibandingkan obat hipertensi yang tersedia lainnya seperti Captopril, Hidroklortiazid dan Furosemid. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap pasien hipertensi di Puskesmas Jetis 1 Bantul pada bulan Maret 2022, Amlodipin merupakan obat antihipertensi yang paling banyak digunakan karena lebih efektif dalam manurunkan atau menstabilkan tekanan darah dan efisien dalam penggunaannya


Full Text:

PDF

References


Azizah, NI., dkk., 2021, Perbandingan Terapi Hipertensi terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Prolanis di Puskesmas Kabupaten Banyumas Wilayah Timur, Pharmacy Peradaban Journal, Vol 1 (1).

Baharuddin, dkk., 2013, Perbandingan Efektifitas Dan Efek Samping Obat Antihipertensi Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi, Jurnal Universitas Hasanuddin.

Dennison-himmelfarb C., Handler J. and Lackland D.T., 2014, 2014 Evidence-Based Guideline for the Management of High Blood Pressure in Adults Report From the Panel Members Appointed to the Eighth Joint National Committee (JNC 8), 1097, 1–14.

Departemen Kesehatan, 2007, Pedoman Pengobatan Dasar Di Puskesmas 2007.

Dinkes Bantul, 2020, LB1 Kunjungan Kasus Puskesmas Se- Kabupaten Bantul.

Ikawati,Z., Jumiani,S. dan Putu,I.D.P.S, 2008, Kajian Keamanan Pemakaian Obat Antihipertensi di Poliklinik Usia Lanjut RS DR. Sardjito Yogyakarta, Jurnal Farmasi Indonesia Vol 4 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.