EDUKASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN HIPERTENSI PADA PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS IMOGIRI I KABUPATEN BANTUL PERIODE NOVEMBER 2022

Alfian Aji Wicaksono, Wanda Puspita Sari, Faridah Baroroh, Hartatik Hartatik

Abstract


Latar belakang : Penyakit hipertensi merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskuler dan kematian di seluruh dunia, prevalensi angka kejadian hipertensi meningkat terutama pada negaranegara berpenghasilan rendah dan menengah. Adapun faktor resiko yang dapat menyebabkan hal tersebut meliputi asupan garam yang tinggi, merokok, obesitas, konsumsi alkohol, aktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat.

Tujuan : Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada masyarakat tentang pencegahan dan pengendalian hipertensi.

Metode : Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan metode tanya jawab.

Hasil : Pasien hipertensi dan pasien tidak hipertensi yang berada di Puskesmas Imogiri 1, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan serta mampu memahami materi yang disampaikan.

Kesimpulan : Kegiatan ini mampu memberi pemahaman konsep perubahan perilaku untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi sehingga tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dapat tercapai dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan pasien hipertensi dan pasien tanpa hipertensi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.