PENGEMBANGAN METODE PEMASARAN UMKM BERBASIS PRODUK HERBAL MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING

Nada Auliya Rahman, Dwi Utami, Septiana Ulandari, Dita Putri Hartiwi, Muslimatun Nisa Fitrianingsih, Justicia Devi Apriliana, Ginanjar Zukhruf Saputri, Hari Susanti

Abstract


Latar belakang: Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat signifikan, terutama di sektor perekonomian. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai motor penggerak perekonomian masyarakat menengah ke bawah mengalami penurunan kinerja dengan adanya pembatasan kegiatan masyarakat, khususnya bagi UMKM yang berlokasi dan mengandalkan omzet di daerah wisata yang jauh dari pusat perekonomian perkotaan. Digital marketing menjadi solusi yang cukup menjanjikan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan digital marketing untuk produk herbal UMKM yang terletak di desa wisata Tegalsari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo.

Metode: Kegiatan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pra pendampingan berupa identifikasi tingkat pengetahuan, kepemilikan, dan kemampuan pelaku UMKM terhadap media digital marketing melalui kuisioner. Tahap kedua adalah pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan melalui workshop pengenalan dan penggunaan media digital marketing. Tahap terakhir berupa pendampingan pembuatan media digital marketing untuk meningkatkan keterampilan penggunaan berbagai platform digital marketing melalui workshop dan pendampingan intensif.

Hasil: Pengukuran tingkat pengetahuan pelaku UMKM menunjukkan sebanyak 66,67 % telah memiliki pengetahuan yang baik terhadap digital marketing. Kepemilikan dan penggunaan platform digital marketing memberikan gambaran sekitar 33,33 % memiliki dan menggunakan yakni media Whatsapp dan Instagram sebagai media pemasaran dan hampir 0 % untuk media e-commerce dan website. Pada akhir kegiatan pendampingan, sebanyak 100 % UMKM telah membuat media digital marketing Whatsapp, akun e-commerce (Shopee) dan website pada produknya.

Kesimpulan: Kegiatan ini mampu meningkatkan literasi digital marketing para pelaku UMKM yang berakibat pada peningkatan pemasaran produk herbal UMKM Dusun Tegalsari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo.


Full Text:

PDF

References


Utami. B., 2021, Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia, Economie, vol 3, No.1 : 1

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(6), 19–24.

Wren-Lewis, S. (2020). The economic effects of a pandemic. In Economics in the Time of COVID19, A CEPR Press VoxEU.

Milzam, M., Mahardika, A., & Amalia, R. (2020). Corona virus pandemic impact on sales revenue of micro small and medium enterprises (MSMEs) in Pekalongan City. Journal of Vocational Studies on Applied Research, 2(1), 7–10.

Saturwa, H. N., Suharno, S., & Ahmad, A. A. (2021). The impact of Covid-19 pandemic on MSMEs. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(1), 65–82.

Purwana. D, dkk. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Vol.1, No.1 : 2

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol 1, No.1

Setyawan. D. (2022). Potensi Sumber Daya Lokal Dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM Industri Kreatif di Kabupaten Lamongan, Vol. 8, No. 1 : 45-60

Setyaningtyas. A. dan Nurlaili. E. I., 2020, Analisis Social Media Marketing dan Tampilan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pamos Shop Mojokerto, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 17, No. 2 : 207-223

Purnama. I. K. E, dkk. (2018). Penerapan E-commerce Untuk Penguatan UMKM Berbasis Konsep One Village One Product di Kabupaten Karangasem, Vol.2, No. 2 : 89-90.

Pratama. A. F dan Diana. A. (2021). Implementasi E-commerce Dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocommerce Pada HOPEANDSOLES.ID, Vol.4 No. 1 :29


Refbacks

  • There are currently no refbacks.