PENGGUNAAN OBAT ANTIBIOTIK YANG BAIK DAN BENAR SEBAGAI PENUNJANG KEBERHASILAN TERAPI

Muzaky Ikhwan Solichin, Ana Hidayati, Khozanatul Ulwy, Nurlia Wiyayanti

Abstract


Latar belakang: Antibiotika adalah obat untuk mencegah dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sebagai salah satu jenis obat umum, antibiotika banyak beredar di masyarakat. Hanya saja, masih ditemukan perilaku yang salah dalam penggunaan antibiotika yangmenjadi risiko terjadinya resistensi antibiotik, diantaranya: peresepan antibiotik secaraberlebihan oleh tenaga kesehatan; adanya anggapan yang salah di masyarakat bahwa antibiotik merupakan obat dari segala penyakit; dan lalai dalam menghabiskan atau menyelesaikan treatment antibiotik. Perlu adanya pemberian informasi kepada masyarakt terkait cara penggunaan antibiotik yang baik dan benar.
Tujuan: Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai cara menggunakan antibiotic yang baik dan benar
Metode: Penyuluhan kesehatan menggunakan poster di ruang tunggu Puskesmas Kasihan 1
Hasil: Penyuluhan kesehatan yang dilakukan meningkatkan pengetahuan pasien, rata-rata skor kuisioner meningkat dari sebelum dilakukan penyuluhan dengan sesudah dilakukan penyuluhan
Kesimpulan: Pemberian informasi yang dilakukan di Puskesmas 1 mempengaruhi dan meningkatakan pengetahuan pasien.


Full Text:

PDF

References


Ai Ling Oh., Mohamed Azmi Hassali, Mahmoud Sadi Al-Haddad, Syed Azhar Syed Sulaiman, Asrul Akmal Shafie dan Ahmed Awaisu. (2011). Public knowledge and attitudes towards anibiotik usage: a crosssectional study among the general public in the state of Penang, Malaysia.J Infect Dev Ctries.

Astuty, E.J.T.A. (2009). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Rabies Pada Siswa Sekolah Dasar Di Provinsi Sumatra Barat [skripsi]. FK Hewan IPB, Bogor.

Kementerian Kesehatan. (2011). Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik. Jakarta:Kementerian Kesehatan RI.

Malin Andre., Asa Vernby, Johanna Berg dan Cecilia Stalsby Lundborg. (2010). A survey of public knowledge and awareness related to anibiotik use and resistance in Sweden. Journal of Antimicrobial chemotherapy.

Utami, R.E. (2012). Antibiotika, Resistensi, dan Rasionalitas Terapi. SAINTIS.

World Health Organization. (2001). WHO Global Strategy for Containment of Antimicrobial Resistance. Switzerland.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.