MENJAGA TUMBUH KEMBANG BAYI DAN BALITA : STRATEGI PENCEGAHAN STUNTING DI PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL

Silvia Afra Meyningtyas, Rahajeng cahyaningtyas, Ana Hidayati, Warastuti Warastuti

Abstract



Latar Belakang: Stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat yang masih menjadi perhatian di banyak negara, terutama di negara-negara berkembang. Stunting dapat terjadi karena ibu kurang memperhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan sehingga anak kurang mendapat asupan nutrisi yang cukup dalam jangka waktu yang lama.  Di Indonesia, prevalensi stunting pada anak tergolong tinggi, berdasarkan data RISKESDAS tahun 2018 mencapai 30,8%.

Tujuan: Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya pencegahan stunting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita serta untuk mengurangi jumlah kasus stunting di wilayah Puskesmas Kasihan 1 Bantul.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Pretest-Posttest One Group melalui identifikasi target populasi, penentuan kriteria inklusi dan eksklusi, penentuan metode pengambilan sampel, pelaksanaan observasi, pretest, penyuluhan, posttest, dan analisis data menggunakan program SPSS.

Hasil: Hasil rata - rata skor pengetahuan terhadap 11 responden mengalami peningkatan dari sebelum perlakuan 4.83 menjadi 9.50 setelah perlakuan. Hasil uji signifikansi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil sebelum dan sesudah penyuluhan promkes dengan nilai t = -22.136 dan nilai p-value < 0,05 (0,000).

Kesimpulan: Kegiatan penyuluhan promkes dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai stunting, nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, dan tindakan pencegahan stunting.

 

Kata Kunci: Menjaga Tumbuh Kembang, Bayi, Balita, Pencegahan Stunting, Strategi Pencegahan Stunting.

Full Text:

PDF

References


Arsyati, A. M. 2019. Pengaruh Penyuluhan Media Audiovisual dalam Pengetahuan Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil di Desa Cibatok 2 Cibungbulang. Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(3), 182-190.

Badan Pusat Statistik, Kementerian Kesehatan RI, & ICF. 2018. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik, Kementerian Kesehatan RI, & ICF.

Masitah, R. 2022. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu Berkaitan dengan Stunting, ASI Eksklusif dan MPASI. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 670-678.

Saudia, B. E. P. dan Ni Putu Dian Ayu Anggraini. 2018. Pemantauan 1000 Hari Pertama Kehidupan Dalam Rangka Pencegahan Stunting Melalui Pelatihan Kader Kesehatan di Desa Menemeng Wilayah Kerja Puskesmas Bagu Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah‟, Jurnal Midwifery Update (MU), 1(2), pp. 50–60.

Saputri , U. A., Pangestuti, D. R., & Rahfiludin, M. Z. 2021. Pengetahuan Gizi dan Pola Asuh Ibu sebagai Faktor Risiko Stunting Usia 6-24 Bulan di Daerah Pertanian. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(6), 433-442.

World Health Organization. 2020. Nutrition Landscape Information System (NLIS) country profile indicators: interpretation guide.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.