Pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik

Daffa Rizal Al Ihsan, Aprilia Setyowati

Abstract


Disiplin merupakan sebuah kondisi yang tercipta ataupun terbentuk melalui serangkaian proses perilaku yang menunjukkan kepatuhan, mengikuti perintah, dan kepatuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kesiplinan peserta didik. Metode kajian literature dilakukan untuk menganalisa secara teoritis mengenai pengaruh dari konseling kelompok dengan menggunkan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik yang dilakukan dengan menggunakan beberapa literatir artikel, jurnal, dan buku. Analisis dilakukan dengan menghubungakan, memaparkan dan menyimpulkan kajian dari peneliti terdahulu. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan teknik self-management memiliki pengaruh untuk  meningkatkan kedisiplinan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Barida, M., & Prasetiawan, H. (2018). Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 27. https://doi.org/10.26638/jfk.439.2099

Berg, R. C., & Landreth, G. L. (2013). Group counseling: Concepts and procedures. In Group Counseling: Concepts and Procedures, Fifth Edition (Issue chapter 11). https://doi.org/10.4324/9780203114629

Casmini, C. (2021). EFEKTIVITAS COGNITIF BEHAVIORAL THERAPY DENGAN TEKNIK SELF-CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(1), 21–32.

Murjiono, D., Habsy, B. A., & Ulum, U. D. (2021). Konseling Kognitif Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMK , Efektifkah ? National Conference Multidisplinary, 1(1), 79–88.

Nursalim, M. (2014). Strategi & Intervensi Konseling. In Akademia Permata. (cetakan II).

Sabikun, M. (2021). Pengaruh konseling kelompok dengan teknik cognitive behavior therapy terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Borobudur Counselling Review, 01(02), 74–78. https://doi.org/10.31603/bcr.5781

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 33–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.624

Setiawati, A., Sobari, T., & Pahlevi, R. (2021). LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS DARING DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA MTS KELAS VII. 4(6), 483–493.

Shofi, N., & Rofiq, A. (2019). TERAPI KOGNITIF BEHAVIOR DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENANGANI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP ISLAM TANWIRUL AFKAR SIDOARJO. Proceeding of International Conference on Da’wa and Communication, Vol. 1, 1–121.

Siregar, S. W. (2018). KONSEP DASAR KONSELING KELOMPOK. HIKMAH : Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, 12(1), 78–97.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272


Refbacks

  • There are currently no refbacks.