Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku asertif siswa

Dea Putri Utami, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang efektivitas  teknik diskusi kepemimpinan kelompok untuk meningkatkan perilaku asertif  siswa. Surat ini membahas tentang rasa percaya diri siswa dalam mengungkapkan pendapatnya, solid dan mampu menyampaikan perasaan siswa. Tujuan dari risalah ini adalah untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan kelompok dengan teknik diskusi yang dapat meningkatkan perilaku asertif  siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra. Metode penelitian penelitian sastra adalah metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk melaksanakan subjek penelitiannya dengan  mengumpulkan data dari buku, jurnal, dan sumber data kepustakaan lainnya. Itulah sebabnya disebut  studi sastra. Studi sastra menurut Darmadi (2011) adalah studi sastra yang  digunakan dalam mendefinisikan tema dan masalah penelitian. Penelusuran literatur ini digunakan untuk mengumpulkan data lintas bidang. Setiap  studi harus didasarkan pada studi sastra. Hal ini dikarenakan fungsi pembelajaran sastra itu sendiri bertujuan untuk mengembangkan aspek teoritis dan  praktis. Tinjauan pustaka ini disusun untuk menemukan alasan, kerangka, dan  hipotesis penelitian, yang menjadi dasar  penelitian ilmiah. Dengan kata lain, studi sastra sangat penting untuk setiap studi.


Full Text:

PDF

References


Adams, Linda & Lenz, Elinor (1995). Jadilah Diri Anda Sendiri. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Alberti, R & Emmons, R. (2002). Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Kii, Martina Ina. (2010). Deskripsi Tingkat Asertivitas para Suster Konggregasi SCMM Propinsi Indonesia Tahun 2008/2009. (Skripsi) Yogyakarta: Program Sarjana S1 Universitas Sanata Dharma

Lloyd, Sam R. (1991). Mengembangkan Perilaku Asertif yang Positif. Jakarta: Binarapu Aksara.

Ulfa, Maria. (2013). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Konsep Diri, dan Penyesuaian Sosial dengan Perilaku Asertif Siswa SMK Muhhammadiyah1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Psikologi.

Amti, Erman. 1991. Bimbingan dan Konseling. Penerbit: Jakarta

Mifzal, Abiyu. 2013. Strategi Pembelajaran untuk Anak Kurang Berprestasi. Jogjakarta: Javalitera.

Romlah, T. 1989. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.