Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku asertif siswa
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang efektivitas teknik diskusi kepemimpinan kelompok untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Surat ini membahas tentang rasa percaya diri siswa dalam mengungkapkan pendapatnya, solid dan mampu menyampaikan perasaan siswa. Tujuan dari risalah ini adalah untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan kelompok dengan teknik diskusi yang dapat meningkatkan perilaku asertif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra. Metode penelitian penelitian sastra adalah metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk melaksanakan subjek penelitiannya dengan mengumpulkan data dari buku, jurnal, dan sumber data kepustakaan lainnya. Itulah sebabnya disebut studi sastra. Studi sastra menurut Darmadi (2011) adalah studi sastra yang digunakan dalam mendefinisikan tema dan masalah penelitian. Penelusuran literatur ini digunakan untuk mengumpulkan data lintas bidang. Setiap studi harus didasarkan pada studi sastra. Hal ini dikarenakan fungsi pembelajaran sastra itu sendiri bertujuan untuk mengembangkan aspek teoritis dan praktis. Tinjauan pustaka ini disusun untuk menemukan alasan, kerangka, dan hipotesis penelitian, yang menjadi dasar penelitian ilmiah. Dengan kata lain, studi sastra sangat penting untuk setiap studi.
Full Text:
PDFReferences
Adams, Linda & Lenz, Elinor (1995). Jadilah Diri Anda Sendiri. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Alberti, R & Emmons, R. (2002). Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Kii, Martina Ina. (2010). Deskripsi Tingkat Asertivitas para Suster Konggregasi SCMM Propinsi Indonesia Tahun 2008/2009. (Skripsi) Yogyakarta: Program Sarjana S1 Universitas Sanata Dharma
Lloyd, Sam R. (1991). Mengembangkan Perilaku Asertif yang Positif. Jakarta: Binarapu Aksara.
Ulfa, Maria. (2013). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Konsep Diri, dan Penyesuaian Sosial dengan Perilaku Asertif Siswa SMK Muhhammadiyah1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Psikologi.
Amti, Erman. 1991. Bimbingan dan Konseling. Penerbit: Jakarta
Mifzal, Abiyu. 2013. Strategi Pembelajaran untuk Anak Kurang Berprestasi. Jogjakarta: Javalitera.
Romlah, T. 1989. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.