Tantangan guru BK dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada aktivitas pembelajaran di masa pandemi

Destyn Audyawati, Agus Ria Kumara

Abstract


Pembelajaran daring yang terjadi dimasa pandemic banyak mempengaruhi penurunan terhadap kinerja belajar siswa. Penurunan tersebut terjadi pada konsentrasi belajar siswa saat berlangsungnya pembelajaran baik secara online maupun offline. Dampaknya akan berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar siswa. Hal tersebut menimbulkan banyak tantangan bagi tenaga pendidik khususnya guru Bimbingan dan Konseling. Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat menstabilisasikan dan meminimalisir masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran akibat dampak dari pandemic Covid-19. Tantangan tersebut dapat diatasi dengan kompetensi-kompetensi yang dimiliki dalam bidangnya agar dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Dalam hal itu guru BK dapat memanage dan memberikan asesmen untuk mengetahui hal apa saja yang menjadi tantangan dalam persoalan munculnya ketidakkonsentrasian yang dialami oleh peserta didik. Guru BK juga dapat memberikan layanannya serta selingan materi sebagai dasar motivasi agar peserta didik semangat dalam menjalani pembelajaran walau dengan situasi pandemic.


Full Text:

PDF

References


Handayani, E. S. (n.d.). PARTISIPASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SMA PGRI 6 BANJARMASIN. 6.

Harahap, S. R. (2020). Konseling: Kebiasaan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. AL-IRSYAD, 10(1). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7639

Jamadi, J. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN SOLUSINYA STUDI KASUS DI SMKN 4 YOGYAKARTA. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.484

Nugroho, G. B. (n.d.). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE. 11.

Pambudi, Y. E., & Amini, S. N. K. (n.d.). PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA PANDEMI. 14.

Purwaningsih, H. (2021). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAYANI PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.53

Rahayu, R. S. (2018). STUDI LITERATUR: PERANAN BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN BISNIS DAN PEMASARAN. 1, 10.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Sari, D. D., & Ratnasari, F. (2021). STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS ABLASI TALI PUSAT MENGGUNAKAN KASSA KERING DAN TEKNIK TERBUKA. 6(1), 5.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.