Strategi layanan bimbingan klasikal untuk mereduksi burnout belajar

Erlinda Rahmawati, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengurangi tingkat burnout belajar pada peserta didik serta memberikan gambaran dan alternatif strategi layanan bimbingan klasikal yang dapat digunakan oleh Guru BK. Dalam proses belajar memerlukan adanya kesiapan dalam segi fisik, mental maupun perlengkapan belajar. Motivasi belajar termasuk dalam kesiapan fisik yang mana merupakan faktor penting dalam proses belajar. Faktanya banyak ditemui siswa yang memiliki  motivasi belajar rendah sehingga proses belajar tidak dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena adanya tuntutan tugas dan proses belajar yang monoton sehingga muncul permasalahan belajar pada peserta didik yaitu burnout belajar. Hal tersebut memerlukan adanya peran dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk membantu menyeselesaikan permasalahan yang dialami siswa khususnya terkait burnout belajar. Dalam layanan bimbingan dan konseling terdapat banyak strategi yang bisa diterapkan oleh Guru BK, salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan burnout belajar yaitu bimbingan klasikal. Melalui bimbingan klasikal ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan burnout belajar pada peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Asmawadi, A. (2021). Fun Learning melalui Media Whatsapp pada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10.

Damayanti, E., Permatasari, N., Pesau, H. G., & Halima, A. (2022). Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan di Era New Normal. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 53-74.

Herawati, A. A., Afriyati, V., Habibah, S., & Pratiwi, C. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Mengurangi Burnout Belajar Pada Perkuliahan Bimbingan dan Konseling Keluarga di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(2), 40–48.

Irawan, Edy. 2015. Pengembangan Teknik Permainan Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa.Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No 1. Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Irwansyah, M. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar SMP Pelita Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 96-106.

Kardianti, A., Asrori, M., & Purwanti, P. ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI IIS SMA NEGERI 9 PONTIANAK. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 6(1), 21-29.

Nuranisa, N., & Wiyono, B. (2018). Studi Implementasi Strrategi Bimbingan Klasikal Di SMP Negeri 13 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 8(2), 380-387.

Riska, R. K., & Rosada, U. D. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Bantul. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(2), 380-390.

Saputri, I. (2018). Upaya menurunkan kejenuhan belajar melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi game pada siswa kelas XI SMA Kolombo Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Skripsi, Universitas Ahmad Dahlan.

Sidi, RR, & Yunianta, TN (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 5 (1).

Sumami, S. (2022). MENINGKATKAN ANTUSIASME MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CINEMATHERAPY. Jurnal Sosialita, 17(1).

Suwarjo dan Diana Septi Purnama. Model Bimbingan Pengembangan Kompetensi Pribadi Sosial Bagi Siswa SMA yang Mengalami Kejenuhan Belajar (Burnout).Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.

Suwarjodan Elisa. Permainan Dalam Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Paramitra Publising. 2011.

Tifarany, A. (2020). Pengaruh Burnout terhadap prokrastinasi Akademik Siswa di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Tumilisar, B. J. H., Fitri, S., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Pengembangan Program Pendidikan Seksual Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Memanfaatkan Media Sosial. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 43.

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wangge, M. Y., Santoso, A. P., Kartika, V., & Febriani, U. F. (2021). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring Pada Siswa SMAN 4 Semarang Selama Masa Pandemi. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 2(2), 135-141.

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.