Layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama : strategi untuk meningkatkan self control penggunaan gadget

Hafiska Kurniyadi, Pra Deska, Griselda Anindya, Dian Ari Widyastuti, Arif Budi Prasetya

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin pesat membuat kemajuan di beragam aspek kehidupan, salah satunya pada aspek gawai (gadget). Kehadiran teknologi gadget memberikan kemudahan pada kegiatan manusia terkait efisien penggunaan waktu. Tidak hanya itu, kini semua individu bisa saling terhubung satu sama lain sehingga membuat keberadaannya sangat dibutuhkan dan terkadang tak terlepaskan. Berbagai dampak negatif seperti ketergantungan terhadap gadget membuat individu menjadi kehilangan self control dalam penggunaan gadget. Self control dalam penggunaan gadget menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk pelajar, dikarenakan para siswa tidak menyadari jika self control pada dirinya sendiri sudah menurun. Self control penggunaan gadget ditandai dengan tidak memperhatikan guru ketika mengajar, akan tetapi lebih memilih bermain handphone ketika pelajaran berlangsung, dan lebih memilih bermain game ketika waktunya istirahat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji terkait strategi dalam layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama dalam meningkatkan self control penggunaan gadget. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan mengumpulkan bahan bacaan dari berbagai artikel ilmiah lalu membandingkan teori serta hasil penelitian Sumber data yang digunakan berasal dari data sekunder, dimana data dikumpulkan melalui buku teks, jurnal ilmiah online, hasil penelitian dan artikel ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, H., & Emmanuel, S. (2020). Pelatihan Teknik Self Control untuk Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 5(2), 90-97.

Atieka, N. (2016). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 2 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 91-99.

Cahyani, N. (2019). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi: Jurnal of Disability Studies, 6(02), 259-284.

Darmawani, E. (2017). Psikodrama Satu Teknik Konseling Traumatik Dalam Suasana Kelompok. Proceeding Iain Batusangkar, 1(1), 93-99.

Dewi, P. S. (2017). Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Menggunakan Teknik Psikodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan (Doctoral dissertation).

Fatimah, D. N. (2017). Layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self control siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 25-37.

Febrianti, C., & Irmayanti, R. (2019). Teknik Psikodrama dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Merokok Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 105-113.

Jahiras, J. (2020). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Efektif Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMPN 48 Surabaya. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 378-381.

Lopuhaa, F. A. (2021). Psikodrama Terapi. OSF Preprints. October, 19.

Mumbaasithoh, L., Ulya, F. M. A., & Rahmat, K. B. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33-42.

Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2021, October). Pelatihan self-control dalam penggunaan gadget dikalangan remaja. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3, No. 1, pp. 1329-1334).

Pramono, A. (2013). Pengembangan model bimbingan kelompok melalui teknik psikodrama untuk mengembangkan konsep diri positif. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).

Putri, G. G. R. (2013). Penerapan bimbingan kelompok teknik home room untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya seks bebas (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Sari, S. P. (2017). Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Syalafiah, M., & Rima, I. (2020). Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(3), 80-88.

Syaroh, A. U. (2019). Faktor Kontrol Diri Dalam Penggunaan Gadget (Smartphone) Pada Siswa. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 69-78.

Wati, N. I., Budiono, A. N., & Ernawati, S. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama untuk Menurunkan Burnout. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 51-57.

Yahya, A. (2019). Intervensi Psikodrama dalam Membant Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja di Sasana Pelayanan Sosial Anak Pamardi Utomo Boyolali. (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.