Upaya penanganan masalah perilaku asertif pada remaja melalui layanan bimbingan kelompok

Hurin Nabila, Mufied Fauziah

Abstract


Fase remaja merupakan fase peralihan dari fase anak-anak menuju masa dewasa, sehingga permasalahan yang terjadi pada usia remaja sangatlah kompleks. Pada fase ini remaja memiliki kecenderungan yang kuat untuk disukai dan diterima oleh lingkungan pertemanan sebaya. Remaja akan merasa tertekan dan cemas apabila dikeluarkan dan diremehkan oleh teman-teman sebaya, begitu sebaliknya. Kuatnya pengaruh teman sebaya tersebut, menyebabkan remaja kurang berani untuk berterus terang dan hal ini bisa dikatakan remaja mempunyai perilaku asertif yang rendah. Perilaku asertif merupakan kemampuan komunikasi seseorang yang berlandaskan kepada kejujuran serta ketegasan dari hati untuk mengekspresikan sesuatu tanpa menghina, melukai, mencerca, menyinggung, atau menyakiti perasaan orang lain serta mampu mengontrol perasaan orang lain serta mampu mengontrol perasaan diri sendiri tanpa rasa takut dan amarah. Penelitian ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang teknik bimbingan kelompok apa saja yang efektif dalam meningkatkan perilaku asertif remaja. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan penelitian systematic literature review dengan mengidentifikasi, mengkaji serta meringkas hasil penelitian primer dalam mengemukakan fakta yang lebih lengkap dan luas. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diakses melalui google scholar dengan kata kunci perilaku asertif. Artikel yang dipilih merupakan hasil penelitian dari tahun 2015-2022 dan ditemukan data sebanyak 3.510 artikel. Artikel yang didapat dipilih berdasarkan kesesuaian dengan pertanyaan penelitian. Teknik analisis isi (content analysis) merupakan teknik analisis data uang digunakan pada penelitian ini. Artikel yang didapat dan dirasa relevan dengan pertanyaan penelitian yaitu terdapat 10 artikel. Terdapat beberapa teknik bimbingan kelompok yang tepat untuk meningkatkan perilaku asertif remaja, diantaranya yaitu teknik brainstorming, teknik bermain peran (role playing), teknik sosiodrama, teknik psikodrama, dan teknik asertif. Adapun kontribusi dari penelitian ini adalah dalam rangka membantu guru bimbingan dan konseling dalam menentukan teknik bimbingan kelompok yang cocok dalam meningkatkan perilaku asertif remaja.


Full Text:

PDF

References


Alberti, R. & Emmons, M. (2017). Your Perfect Right. California: Impact Publishers.

Amalia, Sinta., Edison., & Samsaifil. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. FRAME: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 11-21.

Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistiana, D. (2021). HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA. QUANTA, 5(3), 95-105.

Astuti, Dwi Wahyu., & Muslikah. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 168-182.

Dewi, Karlina. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 8-14. https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i3.17010

Diananda, A. (2018). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.g21

Husnah, Siti., Wahyuni, Eka., & Fridani, Lara. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370-1377. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1858

Indrawati, E. S & Anfajaya, M. A. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529-532. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15396

Khairani, Aulia., Martunis., & Fajrani. (2017). Pelaksanaan Teknik Asertif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di SMPN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 2(3), 65–72.

La Guna, Tanuria., & Maria Ulfa. (2019). Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di SMA 1 Muhammadiyah Baubau. Jurnal Edukasi Cendekia: JEC, 3(2), 23-32.

Lianasari, Dewi., Muhammad Japar., & Purwati. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstrorming untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(1), 6-10. https://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i1.509

Lusihana. (2020). Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama (Bermain Peran) di SMAN 1 Maliku. Jurnal Inovasi Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1-8.

Novianti, H., Peran, B., & Sman, D. I. (2018). Efektivitas Teknik Role Playing untuk Mengembangkan Perilaku Asertif Remaja. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01), 1–8.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2018). “Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan”. Bandung: Refika ADITAMA.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2018). “Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan”. Bandung: Refika ADITAMA.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2018. “Bimbingan & Konselig dalam Berbagai Latar Kehidupan”. Bandung: Refika ADITAMA.

Putri, R. M., & Wahyuni, T. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di SMP Srijaya Negara. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(2), 178-183.

Ramadhani, Fitri., Yumansyah., & Mayasari, Shinta. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat dengan Menggunakan Teknik Assertive Training. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(3), 1-12.

Rohayati, E., dan Purwandi, Y. H. 2015. Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11(1).

Rohyati, E., & Purwandari, H. Y. (2015). Perilaku Asertif Pada Remaja. Psikologi, Vol. 11, pp. 1–11.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sedyawati. (2020). Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(2), 43-49.

Sulistyaningsing, Nofi Rini D., & Setiowati, Arum. (2019). Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 307-318. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.320

Suroso. (2020). Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tambakromo Pati. Jurnal PD ABKIN Jawa Tengah, 1(1), 19-29. http://journal.abkinjateng.org/index.php/jaj/issue/view/1

Suryani, Liliek. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112-124.

Tyas,, P. K., Asrowi, A., & Susilo, A. T. (2020). Keberhasilan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 4(1), 23-29. https://doi.org/10.20961/jpk.v4i1.40632


Refbacks

  • There are currently no refbacks.