Hubungan kecanduan smartphone dengan kualitas komunikasi siswa : Sebuah kajian literatur review

M.Taufi Qurohman, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Artikel ini menjelaskan mengenai hubungan kecanduan smartphone dengan kualitas komunikasi pada siswa dengan metode yang digunakan yaitu study literature. Terdapat 5 pembahasan terkait dengan artikel ini yaitu kecanduan smartphone pada siswa, kualitas komunikasi pada kecanduan smartphone, bagaimana itu kualitas komunikasi, harapan, dan hubungan kecanduan smartphone dengan kuliatas komunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecanduan smartphone dengan kualitas komunikasi pada siswa. Keterampilan komunikasi siswa dipengaruhi oleh kecanduan smartphone. Pernyataan dampak Hasil penelitian menyarankan siswa harus menggunakan smartphone mereka dengan cara yang terkontrol agar dapat berkomunikasi secara efektif.


Full Text:

PDF

References


Atmoko, Adi, Indah Kartika Sari, Augusto Da Costa, Nugraheni Warih Utami, and Eny Tri Wahyuni. 2022. “Smartphone Addiction among Adolescence Students: Its Implication toward Family Communication, Learning, Guidance and Counselling.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 7 (1): 1–9. https://doi.org/10.17977/um001v7i12022p1-9.

Bae, Sung-man. 2019. “Ulasan Layanan Anak Dan Remaja Kesejahteraan Subjektif Pada Remaja Korea : Verifikasi Menggunakan Pemodelan Pertumbuhan Laten Ganda” 96 (November 2018): 93–99. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.11.032.

Bennett, Jo, and Natalie S. Grant. 2016. “Using an Ecomap as a Tool for Qualitative Data Collection in Organizations.” New Horizons in Adult Education and Human Resource Development 28 (2): 1–13. https://doi.org/10.1002/nha3.20134.

Bian, Mengwei, and Louis Leung. 2015. “Linking Loneliness, Shyness, Smartphone Addiction Symptoms, and Patterns of Smartphone Use to Social Capital.” Social Science Computer Review 33 (1): 61–79. https://doi.org/10.1177/0894439314528779.

Cerit, Birgül, Nevin Çıtak Bilgin, and Bedriye Ak. 2018. “Relationship between Smartphone Addiction of Nursing Department Students and Their Communication Skills †.” Contemporary Nurse 54 (4–5): 532–42. https://doi.org/10.1080/10376178.2018.1448291.

Haug, Severin, Raquel Paz Castro, Min Kwon, Andreas Filler, Tobias Kowatsch, and Michael P. Schaub. 2015. “Smartphone Use and Smartphone Addiction among Young People in Switzerland.” Journal of Behavioral Addictions 4 (4): 299–307. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.037.

Liu, Leigh Anne, Chei Hwee Chua, and Günter K. Stahl. 2010. “Quality of Communication Experience: Definition, Measurement, and Implications for Intercultural Negotiations.” Journal of Applied Psychology 95 (3): 469–87. https://doi.org/10.1037/a0019094.

Mulyana, Sri, and Afriani Afriani. 2018. “Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Smartphone Addiction Pada Remaja SMA Di Kota Banda Aceh.” Journal Psikogenesis 5 (2): 102. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.499.

Panova, Tayana, and Xavier Carbonell. 2018. “Is Smartphone Addiction Really an Addiction?” Journal of Behavioral Addictions 7 (2): 252–59. https://doi.org/10.1556/2006.7.2018.49.

Taylor, Holly A, David N Rapp, and T A D T Brunye. 2007. “Repetition and Dual Coding in Procedural Multimedia Presentations.” Applied Cognitive Psychology 22 (September 2007): 877–95. https://doi.org/10.1002/acp.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.