Literatur review: Teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemilihan karir bagi siswa

Muhammad Afnan Reza S, Mufied Fauziah

Abstract


Tulisan ilmiah ini membahas seputar teknik atau metode bimbingan kelompok yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemilihan karir anak-anak pada jenjang sekolah. Mengingat pendidikan merupakan proses esensial dalam mencapai cita-cita yang dituju sehingga perlu bimbingan dari pihak yang paham akan hal tersebut agar tidak terjadinya kesalahan dalam memilih karir. Terdapat beragam aspek yang perlu dikembangkan semasa proses pendidikan salah satunya aspek karir dimana para murid dibawa untuk memahami apa saja prospek kerja yang akan mereka lakoni sesuai dengan cita-cita masing-masing serta pros dan cons dalam karir tersebut sehingga membentuk pertimbangan bagi para murid dalam menentukan karir. Maka dari itu diperlukannya teknik bimbingan secara menyeluruh agar tidak terjadi penyimpangan dalam pemilihan karir dan membekali murid dengan informasi akurat seputar karir tersebut. Artikel ilmiah ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literature review dimana penulis menggunakan topic permasalahan para konselor dalam menentukan teknik bimbingan yang tepat dalam situasi kelompok guna meningkatkan kemantapan pemilihan karir seorang siswa. Bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemantapan pemilihan karir dapat menggunakan beberapa teknik seperti, pemberian informasi, diskusi kelompok. Selain itu konselor juga dapat melakukan teknik permaianan peranan (role playing), permainan simulasi (simulationgames), karyawisata (field trip), penciptaan suasana keluarga (Home Room) dalam meningkatkan pemikiran murid seputar pemilihan karir tersebut. 


Full Text:

PDF

References


Rosiani, F, A. Nugraha, A. (2021) Pengembangan Media Layanan Bimbingan Kelompok Ular tangga Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan

Durrotunnisa,. Nursaida R,. (2021) Efektivitas Layanan Informasi Cara Memahami Diri dan Lingkungan dalam Pemilihan Karir Siswa. Jurnal Kreatif Online(JKO)Vol. 9, No. 2, pp. 84-92.

Gumilar, T, E,. (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN PERENCANAAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN PILIHAN KARIER PESERTA DIDIK (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Bekasi Tahun Ajaran 2021/2022). TESIS

Daulay, R, H,. (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS VIII DI SMPN 5 PERCUT SEI TUAN. TESIS

Suherman, M, Masyita.. Prabowo, A, B,. IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER BERBASIS TEORI PILIHAN KARIER JOHN L. HOLLAND PADA SISWA SMA. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling. Vol 7, No. 1.

Syafitri, S., Asrori, M., & Purwanti, P. LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMILIHAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 3 SMAN 5 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5).

Nove, A. H., Basuki, A., & Sunaryo, S. A. I. (2021). Efektivitas teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk membantu dalam perencanaan karir siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 9(4), 366-371.

Rahmadani, N. (2021). Kinerja Guru Bk Dalam Melaksanakan Program BK Layanan Bimbingan Karir Di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 37-43.

Sinaga, I. N., & Sa'adah, N. (2022). Persepsi Siswa Kelas IX dalam Merencanakan Karier dengan Bantuan Media Pohon Karier. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 48-54.

Romlah Tetik, 2006, Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok, Malang: Universitas Negeri Malang 2001).

A, Hallen, Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi, (Jakarta: Quantum Teaching, 2005),h.73.,dikutip oleh Affiyani Pramono ,” Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama Untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif”. Jurnal Bimbingan Konseling vol.2 (Februari 2013)

Tatiek, Romlah, Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2001).

Dewa Ketut Sukardi, Desak P.E. Nila Kusumawati, Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008).

Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Amby, Riny. 2016. Pengembangan Karir Untuk Mencapai Kesuksesan dan Kepuasan.[rinyamby.blogspot.com/2016/04/pengembangan-karir-untukmencapai.html?m=1] (3 November 2018).

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.