Efektivitas konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA N 1 Sewon

Muhammad Fatizaki Akmal, Akhmad Fajar Prasetya

Abstract


Belajar pembelajaran dalam dunia pendidikan merupakan suatu pengatuhan pembelajaran, kreativitas dalam kegiatan dari beberapa orang yang diteruskan dari keturunan ke keturunan selanjutnya, yang dilakukan dengan pelatihan, pembelajaran dan pengetahuan. Dalam pelaksanakan kegiatan pembelajaran selalu dilakukan dibawah arahan orang yang lebih menguasai. Namun juga ada juga yang dilakukan secara mandiri atau bisa disebut otodidak. Dari kata etimologi bahasa pendidikan sendiri yaitu dari kata ducare, berate sesuatu yang memimpin lain kata bisa juga disebut mengarahkan.Kajian dalam penelitian ini, seorang peneliti memanfaatkan metode kuantitatif. Penelitian tersebut adalah pendekatan. Yang berupaya seseorang dalam dapat menemukan suatu pengetahuan. Dalam data angka, angka yang didapatkan dimanfaatkan untuk analisis peneliti. Sederhanya seorang peneliti yang melakukan penelitian kuantitatif merupakan peneilitian yang disusun secara tersetruktur terhadap beberapa bagian untuk menyelesaikan suatu keterkaitan. Atau menghasilkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negri 1 Sewon Bantul Yogyakarta.Dari data yang didapatkan akan melaksanakan teknik analisis dengan memanfaatkan software SPSS 25. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivita konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Di SMA N 1 Sewon. Tujuan yang didasarkan dengan data yang dikumpulkan dengan memanfaatkan angket sebanyak 20 siswa yang menjadi narasumber kesulitan belajar. Hasil dari penelian ini terdapat banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar.Pembelajaran di sekolah yang dilakukan siswa tidaklah semudah yang dibayangkan dan untuk merealisasikan, terkadang guru dipertemukan dengan beberapa macam permasalahan setiap siswa yang berbeda masing-masing dan berbeda satu sama lain. Guru juga dapat dituntut untuk memilih teknik yang sesuai, juga dnegan karakter siswa pemilihan metode dan media juga disesuaikan. Sehingga diharpakan peserta didik bisa melakukan aktivitas pembelajaran dengan mudah dan lancar tanpa merasakan hambatan, peserta didik biasanya ditunjukan dengan adanya kesulitan terhadap hasil belajar yang bersifat fisiologis, psikis, dan sosial. Hal ini bisa menjadi penyebab kecerdasan belajar yang dihasilkan dibawah tidak sesuai harapan.


Full Text:

PDF

References


Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 5(1), 17. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p17-21

Febrianto, B., & Ambarini, T. K. (2019). Efektivitas konseling kelompok realita untuk menurunkan kecemasan pada klien permasyarakatan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 132. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7838

Kecamatan, M., Riattang, T., Bone, K., & Dh, S. (2019). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4 . 0 International License Pengaruh Ice breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10. 3.

Kelompok, K., Dengan, C. T., & Akademik, P. (2016). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 119–125.

Meiriana, A. (2016). Hubungan Antara Coping Stress Dan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Bercerai. Psikoborneo, 4(2), 396–406.

Rini Haryani, M.Joharis Lubis, D. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(3), 1938–1946. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Sumini, S., Saputra, W. N. E., & Suardiman, S. P. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk mengembangkan konsep diri akademik Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 97. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.5144

Taherong, R., & Taherong, R. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Trait and Factor Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2), 57–63. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i2.298


Refbacks

  • There are currently no refbacks.