Analisis pentingnya growth mindset bagi anak sekolah

Sovi Sri Noviasara, Agus Ria Kumara

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah agar kita mengetahui apakah penting growth mindset bagi anak sekolah khususnya bagi anak SMA, serta peran siapa sajakah yang dapat membantu meningkatannya. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan sampel sebanyak 10 artikel lebih pada jurnal. Penelitian kajian pustaka ini hasilnya adalah Growth mindset sangat penting bagi perkembangan peserta didik karena dapat berpengaruh pada kemampuan, kapasitas, keyakinan peserta didik, serta peserta didik akan melakukan beberapa cara atau meningkatkan performa agar nilai sekolahnya meningkat. Peserta didik yang memiliki growth mindset lebih lebih memikirkan masa yang akan datang dan lebih memikirkan tujuan hidup kedepannya, dengan memiliki growth mindset pula peserta didik memiliki kepercayaan diri yang lebih, guru dan  orang tua sangat sangat berpengaruh  terhadap peningkatan mentalitas,percaya diri serta cara pandang siswa 


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S,B. (2000). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.

Indrawan, M. A. (2020). Pengaruh komitmen afektif dan growth mindset terhadap grit pada santri yang berorganisasi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Indrawan, M. A. (2020). Pengaruh komitmen afektif dan growth mindset terhadap grit pada santri yang berorganisasi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Jatmika, D. (2020). Webinar Growth-Mindset untuk Pembelajaran Online Pada Siswa SMA di Samarinda. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 188..

Kerjasama Sekolah Dan Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Dengan Pola Mindset Pengembangan Diri

Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Rohayati, I. (2011). Program bimbingan teman sebaya untuk meningkatkan percaya diri siswa. Jurnal UPI, Edisi Khusus, 1, 368-376.

Sawitri, N. L. P. D. (2019). Memberikan pujian yang tepat menurut growth mindset. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 51-60.

Srihastuti, E., & Wulandari, F. (2021). URGENSI GROWTH MINDSET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(2), 157-165.

Syafrol D & Utami S. (2003). Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Autis dalam Berhitung Melalui Keterampilan Meronce. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Tri Utami.(2018).EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REBT (RATIONAL EMOTIVEBEHAVIOR THERAPY) UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bimbingan dan Konseling. Universitas Ahmad Dahlan.yogyakarta

Triningtyas, D. A. (2016). Studi kasus tentang rasa percaya diri, faktor penyebabnya dan upaya memperbaiki dengan menggunakan konseling individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling , 3 (1).

Wahidah, F. R., & Royanto, L. R. (2019). Peran kegigihan dalam hubungan growth mindset dan school well-being siswa sekolah menengah. Jurnal Psikologi TALENTA, 4(2), 133-144.

Wahidah, F. R., Setyadi, E. J., & Grafiyana, G. A. (2021). Efektivitas Pelatihan Growth Mindset pada Siswa SMA. Psycho Idea, 19(1), 103-114.

YuliaMinarni.(2012). UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PSIKODRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bimbingan dan Konseling. Universitas Ahmad Dahlan.yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.