Board Game bermuatan ajaran Al-Ghazali: Alternative media dalam bimbingan kelompok untuk mereduksi agresivitas

Tri Nikmatur Rohmah, Wahyu Nanda Eka Saputra, Rohmatus Naini

Abstract


Akhir-akhir ini, di lingkungan sekolah sering terjadi agresivitas. Agresivitas merupakan suatu bentuk dorongan dari dalam diri seseorang untuk menyakiti orang lain secara verbal ataupun nonverbal. Agresivitas menimbulkan dampak pada pelaku dan korban. Bagi pelaku, dampak yang diterima adalah akan dijauhi, dibenci, ditakuti, dan dicap sebagai anak yang nakal. Sedangkan dampak bagi korban yaitu adanya luka fisik, merasa cemas, trauma, takut, tidak nyaman, dan menimbulkan rasa sakit. Melihat fenomena tersebut, maka agresivitas perlu direduksi. Salah satu upaya untuk mereduksi agresivitas yaitu guru bimbingan dan konseling mengadakan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan yang memanfaatkan media board game bermuatan ajaran Al-Ghazali. Tujuan penelitian ini adalah menjabarkan deskripsi implementasi media board game bermuatan ajaran Al-Ghazali. Dengan menggunakan teknik permainan ini diharapkan siswa dapat menyadari, memahami, dan bersikap peduli yang memungkinkan orang saling berinteraksi dan mewujudkan kondisi yang anti kekerasan, adil, dan berlandaskan nilai-nilai perdamaian. Pengembangan media board game bermuatan ajaran Al-Ghazali berisi nilai-nilai kehidupan yang harus dimiliki oleh setiap siswa agar terhindar dari agresivitas, yang dimana nilai-nilai tersebut berupa tobat, sabar, zuhud, tawakal, dan ridha. Hasil dari kajian literatur yang telah dilakukan oleh peneliti mengungkapkan bahwa media board game bermuatan ajaran Al-Ghazali dapat mereduksi agresivitas siswa. Meninjau literatur dalam penelitian ini dapat membantu dalam melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keberterimaan produk.


Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93–99. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i1.507

Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 63(3), 452.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167–178.

Hartinah, D. S. S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Kawulur, T. K., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2018). Pengaruh Reward and Punishment terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Columbia Perdana Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).

Putri, R. F., & Putri, R. F. (2019). Belajar Bahasa Inggris Melalui Board Game/ Card Game. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian, 2(1), 539–543.

Rachman, M. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-Nilai Sosial. Forum Ilmu Sosial, 40(1). https://doi.org/10.15294/fis.v40i1.5497

Rosia, R. (2018). Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali dalam Pendidikan Islam. Inspirasi: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 86–104.

Sapulette, A. A., & Pakniany, Y. (2019). Board Game sebagai Media Pendidikan Perdamaian Pemuda dan Pemudi Lintas Iman di Kota Ambon. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 3(2), 59–75.

Saputra, D. K., & Sawitri, D. R. (2015). Pola Asuh Otoriter Orang Tua dan Agresivitas pada Remaja Pertengahan di SMK Hidayah Semarang. Jurnal Empati, 4(4), 320–326. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14364

Saputra, W. N. E., & Handaka, I. B. (2018). Perilaku Agresi pada Siswa SMK di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i1.475

Saputra, W. N. E., Hanifah, N., & Widagdo, D. N. (2017). Perbedaan Tingkat Perilaku Agresi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 142–147.

Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., Astuti, B., & Ayriza, Y. (2019). Bimbingan kedamaian: Strategi konselor untuk mereduksi agresivitas. K-Media.

Sekar, P. R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Agresivitas Remaja. Psyche 165 Journal, 14(1), 27–31.

Sholehah, B., & Muali, C. (2018). Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 190–205.

Suherman, N., Saputra, W. N. E., Alhadi, S., & Kumara, A. R. (2020). Peace Card: Media dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Agresivitas Siswa. (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020, 1(1), 093–097.

Supriyanto, A., Saputra, W. N. E., Astuti, B., Ayriza, Y., & Andriani, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Kedamaian pada Seting Sekolah Menengah di Indonesia. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 1, 45–50.

Tirtoutomo, S., Negara, I. N. S., & Aryanto, H. (2015). Perancangan Media Board Game untuk Remaja tentang Perilaku Baik dan Buruk. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 12.

Utami, M. D., Krisphianti, Y. D., & Ningsih, R. (2021). Strategi Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMP Melalui Media Board Game Angling Darma. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 103–115.

Yati, A. M. (2018). Islam dan Kedamaian Dunia. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 6(2), 11–23. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v6i2.3042


Refbacks

  • There are currently no refbacks.