Literature review: Layanan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkakan eksplorasi karir siswa

Albays Aptuta’arim Wahid, Mufied Fauziah

Abstract


Salah satu permasalahan yang seringkali dialami oleh siswa khususnya di tingkat SMA adalah ketidakmampuan atau sulitnya siswa membuat keputusan karir. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan eksplorasi karir siswa.Eksplorasi karir adalah usaha individu untuk mencari, mendapatkan dan mengelola berbagai macam informasi karir yang tepat, sehingga individu mampu untuk merencanakan karir dengan baik sekaligis membangun kesadaran individu yang lebih besar terkait berbagai macami nformasi karir. Tujuan penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan eksplorasi karir siswa, khususnya siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka atau literature review yaitu penelitian yang meggunakan referensi dan informasi yang sejenis dengan pembahasan seperti artikel, buku prosiding seminar dan juga jurnal. Berdasarkan hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa teknik bimbingan kelompok yang dapat digunakan untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa antara lain: (1) Diskusi Kelompok; (2) Problem Solving; (3) Permainan Simulasi; (4) Role Playing; dan (5) Modeling.


Full Text:

PDF

References


Agustia, N. A. E., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Media Permainan Uno Stacko Dalam Bimbingan Karir Tentang Pemahaman Eksplorasi Karir. Konseling Edukasi: Journal Of Guidance and Counseling, 5(2), 141-156.

Gladding, Samuel T. (2012). Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indek

Haolah, S., Rohaeti, E. E., & Rosita, T. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kematangan Karier. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(1), 1-8.

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68-76.

Nurihsan, A. J. (2017). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling (Edisi Revisi). PT Refika Aditama.

Prayitno dan Amti, Emran. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyatno, T. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman eksplorasi karir melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Psikopedagogia, 5(1), 49-56.

Ramadhanti, R. D. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Berbantuan Media “Future Box” Terhadap Pemahaman Karier Siswa SMA. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 400-407.

Risqiyain, L. H., & Purwanta, E. (2019). Pengembangan multimedia interaktif informasi karier untuk meningkatkan kematangan karier siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(3), 88-93.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sulistiyanti, D., & Fitria, E. (2020). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI KARTU UNO TERHADAP EKSPLORASI KARIER. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 29-49.

Safitri, E., Kiswantoro, A., & Zamroni, E. (2020). Meningkatkan Kematangan Pemilihan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Suherman, Uman. (2010). Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.