Literatur review : Upaya bimbingan kelompok untuk mereduksi perilaku perundungan di kalangan diswa

Ainun Ma’rufah, Mufied Fauziah

Abstract


Keluarga merupakan faktor utama yang mempengaruhi penyusunan kematangan  seorang individu dan strukturr kepribadian seorang anak. Anak-anak cenderung mengikuti perilaku kedua orang tua dengan Keluarga merupakan unsur pendidikan yang lain, yang paling realistis, tepat, dan sangat besar, sehingga terdapat kebiasaan dan perilaku yang berbeda. Keluarga merupakan salah satu elemen kunci dalam perkembangan sebuah lembaga pendidikan, menciptakan proses integrasi sosial, membentuk kepribadian dan menanamkan berbagai kebiasaan baik yang tahan lama pada anak.apabila didalam keluarga tersebut terdapat pola asuh anak yang kurang baik maka akan memicu tingkah laku anak yang tidak baik pula seperti membully orang lain untuk mendapatkan pujian atau agar terlihat jagoan. Perundungan merupakan bentuk kekerasan yang digunakan oleh yang kuat terhadap yang lemah. Perundungan merupakan perilaku yang sangat tidak bermoral, perundungan muncul disebabkan karena kurangnya rasa empati dan simpati seseorang dalam berteman. Tujuan penelitian ni untuk mengeksplorasi bahaya perundungan yang menjadi ancaman nyata dalam dunia pendidikan.Fenomena perundungan bukanlah fenomena baru yang kita lihat. Era dari menghancurkan, tetapi juga perilaku ntimidasi menjadi lebih umum terjadi menjadi fenomena yang layak bagi pihak maksyarakat umum. Perilaku perundungan termasuk memiliki efek yang cukup banyak seperti psikologis, fisik perdamaian, nyawa, dan korban perundungan,perundungan ni biasanya disebabkan karna faktor lingkungan keluarga misalnya dia kurang perhatian ataupun kesalahan pola asuh orang tua terhadap anak yang berefek pada perilaku anak yang suka membully, Efek perundungan dibagi menjadi dua yaitu dari jangka pendek atau jangka panjang. Beberapa bentuk perilaku perundungan, yaitu perundungan fisik, perundungan verbal, dan cyberperundungan disini layanan BK Keluarga juga dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dan juga anak-anak. Perilaku perundungan dapat dilihat di beberapa lokasi yang berbeda. terutama di lokasi Sekolah harus dioptimalkan untuk Mengingat, fenomena perundungan meningkat di sekolah untuk mencegah fenomena perundungan menyebar lebih jauh di lingkungan sekolah dengan begitu peneliti ingin meneliti tentang layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku perundungan siswa.


Full Text:

PDF

References


I.Destiyanti, “STUDI LITERATUR: PERUNDUNGAN ANCAMAN NYATA DALAM DUNIA PENDIDIKAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 263-266, Jan. 2022.

Sudarta, M. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara Siswa Kelas V MI Ar-Raudhah Samarinda. Al Qalam: Jurnal lmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(1), 297-309.

Butar, H. S. B., & Karneli, Y. (2022). EDUKATIF: JURNAL LMU PENDIDIKAN. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 372 – 379

Wardiani, R. T. (2022). PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI SMA. Jurnal Fokus Konseling, 8(1), 1-7.

Fauziyah, N., & Rusmana, N. (2022). BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU PERUNDUNGAN SISWA. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 22-32.

Karyanti. dan Aminudin. Cyberperundungan dan Body Shaming. Penerbit K-Media. 2019

Adnan, D. N., & Wirastania, A. (2020). Dampak mplementasi Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perilaku Perundungan Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2019-2020 SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 217-223.

Hasanah, K. N. S. (2020). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU PERUNDUNGAN SISWA (Penelitian Pre-Eksperimental di SMA Negeri 1 Kalijati Subang Tahun Pelajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan ndonesia).

Werdamukti, F. ., & Widodo, B. (2017). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PERUNDUNGAN. Educatio, 4(1).

Rakhmawati, E. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Perundungan Pada Siswa Kelas VIII SMP H sriati Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1 mei).

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Perundungan di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1).

Susanti, F. (2020). Upaya Mereduksi Perilaku Perundungan melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Role-playing pada Peserta Didik Kelas XI SMA. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34-46.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Perundungan di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55-66.

Wahyudi, A., Supriyanto, A., & Prasetiawan, H. (2018). Peer Guidance untuk Mereduksi Perilaku Perundungan Pada Remaja Muhammadiyah. Jurnal Bagimu Negeri, 2(1).

Sunnah, ., Ariesti, N. D., & Yuswantina, R. (2020). PEMBINAAN KESEHATAN MENTAL DI ERA DIGITAL UNTUK REMAJA “STOP PERUNDUNGAN, BIJAKLAH DALAM BERSOSIAL MEDIA”. ndonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 2(1).

Ainiyah, H. R., & Cahyanti, . Y. (2020). Efektivitas Pelatihan Asertif Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku “Perundungan” di SMPN A Surabaya. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(2), 105-113

Siagian, F. (2020). Upaya Mereduksi Masalah Psikologis dan Akademis Korban Perundungan melalui mplementasi Hidden Curriculum Gambar Diri Allah. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 6(2), 191-201.

Robiah, F. (2014). Mengurangi Perilaku Perundungan Kelas X-4 Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMA Negri 12 Medan Tahun Ajaran 201-2014. Jurnal Seintech.

Kurniawan, S. J., Sari, D. ., & Wahyudi, A. (2022). Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan resiliensi diri siswa korban perundungan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 135-145.

Tanjung, N. A. (2017). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap nteraksi Sosial Korban Perundungan Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Modern (Doctoral dissertation).

Wardhani, P., Thalib, M. M., & Syahran, R. (2016). Pengaruh layanan diskusi kelompok dengan menggunakan media audio visual terhadap perilaku perundungan siswa kelas XI (Studi di SMA Negeri 5 Sigi). Jurnal Konseling dan Psikoedukasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.