Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kejujuran akademik siswa

Ainayya Tika Iffianty Widodo, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Artikel ini menjelaskan mengenai peran bimbingan kelompok guna meningkatkan kejujuran akademik. Penelitian ini menjelakan apa saja arti, bentuk-bentuk, dan karakteristik dari kejujuran akademik. Penelitian ini dilakukan  dengan tujuan tuk mendeskripikan kejujuran akademik serta contohnya yang ada pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil dari penelitian ini menjelaskan jika konseling kelompok dapat meningkatkan kejujuran akademik pada siswa. Ada juga pada tingkatan kejujuran akademik siswa yang dapat dipantau dari jenis kelamin tidak ada perbedaan yang signifikan. Ada beberapa ciri dan karakteristik yang dapat menggambarkan baha individu jujur atau tidak dalam akademik.


Full Text:

PDF

References


Purnamasari, Desi. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal. 2 (1)

Prayitno. Bimbingan Kelompok dan Koneling Kelompok. Jakarta: Ghalian Indoneia, 1994. Hal 35

Hazhira Qudsyi, dkk. 2018. Upaya untuk Mengurangi Ketidakjujuran Akademik pada Mahasiswa melalui Peer Education. Volume 4 nomor 1

file:///C:/Users/user%20pc/Downloads/kejujuran%20akademik%20artikel.pdf

I Made Sonny Gunawan. 2020. Meningkatkan Kejujuran Akademik Mahasiswa Melalui Konseling Kelompok Values Clarification.jurnal Kependidikan.

Alkhoiroti, Fajrin N. (2013). Kejujuran Akademik dan Non Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Indah Lawu. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi dan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herdian. (2017). Ketidakjujuran Akademik Pada Saat UNBK Tahun 2017. Jurnal Psikologi Jambi, Vol.2, No.2.

Kusumastuti, Lella. (2015). Kejujuran Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Saat Menghadapi Ujian. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Sukmawati, Fitri. (2016). Peran Kejujuran Akademik (Academic Honesty) dalam Pendidikan Karakter Studi Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah Angkatan 2013/2014. Jurnal of Islamic Studies, Vol. 6, No 1.

Ungusari, Erlisia. (2015). Kejujuran dan Ketidakjujuran Akademik pada Siswa SMA Yang Berbasis Agama. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.