Konseling krisis dengan pendekatan person centered untuk mengatasi traumatik korban bullying

Fiki Fauzan Yusuf

Abstract


Bullying merupakan suatu perilaku kebiasaan seseorang dalam mengintimidasi korban yang membuat trauma berkepanjangan. Dampak dari bullying sangat besar bagi korban cukup menjadi perhatian. Bullying bisa menjadi trauma yang sangat mendalam bagi kaum muda dan dapat menyebabkan banyak kecemasan, kesedihan, atau kecemasan pada korbannya.Ini adalah salah satu cara untuk  melakukan konseling krisis di tingkat pendekatan person centered . Metode  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  yaitu  studi  literatur  dengan  mengumpulkan  berbagai  informasi  dari sumber  terpercaya  berupa  jurnal,  prosiding,  dan  E-book  yang  terkait  dengan pokok  pembahasan  penelitian  ini.


Full Text:

PDF

References


Amriana. (2014). Konseling Krisis dengan Pendekatan Konseling Realitas Untuk Menurunkan Kecemasan Anak Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 05(01). Hlm.1-25. https://www.gci.or.id/proceedings/view_article/168/3/ascc-2017

Bunu, H. Y. (2020). Peran Konseling Krisis dalam Mereduksi Traumatik pada Siswa yang Mengalami Bullying. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 93-109.

https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/625

Coloroso, B. (2007). Extraordinary Evil: A Brief History of Genocide... and Why

It Matters. Toronto, ON: Viking.

Fauziah, M., (2017). Urgensi konseling krisis dalam bimbingan dan konseling. 320–325. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snbkuad/article/view/89

Kusmaryani, R. E.,dkk. (2012). Konseling Krisis Sebagai Upaya Penanganan Masalah Psikologis Remaja Di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Dalam

Rangka Dies Natalis Ke-48 Universitas Negeri Yogyakarta, 367–378.

LESTARI, E. G., HUMAEDI, S., SANTOSO, M. B., & HASANAH, D. (2017). Peran

Keluarga Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14231

Rahayu, S.M.(2017). Koseling Krisis: Sebuah Pendekatan dalam Mereduksi MasalahTraumatik pada Anak dan Remaja. Jurnal Pendidikan, 2(1), 53-56

Santoso, A. (2018). Pendidikan Anti Bullying. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 1(2). http://jurnal.stiapembangunanjember.ac.id/index.php/pelitailmu/article/view/1 03.

Susilo, A. T., dkk. (2019). PELATIHAN KONSELING TRAUMATIK BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING PADA KONSELOR. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1). https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/492

Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1-17.

https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1520

Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.