Peranan layanan bimbingan kelompok dengan teknik focus group discussion untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa SMP

Gea Nevea, Aprilia Setyowati

Abstract


Artikel ini menjelaskan pentingnya manajemen waktu belajar pada peserta didik. Tujuannya membantu peserta didik dalam memanajemen waktu belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik focus group discussion. Metode yang digunakan yaitu literature review. Manajemen waktu bertujuan untuk penggunaan waktu yang efektif ketika melakukan sebuah tindakan tertentu yang mengarah pada tujuan. Manajemen waktu dapat membuat peserta didik memiliki pengaturan diri dalam menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Dengan manajemen waktu maka prestasi akademik peserta didik dapat meningkat. Peserta didik yang dapat mengatur waktu dengan baik maka waktu belajarnya akan lebih efektif. Manajemen waktu yang baik mendorong peserta didik untuk belajar, sehingga dalam belajar peserta didik akan lebih optimis dalam meningkatkan pendidikan akademik.


Full Text:

PDF

References


Slamet. (2003). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W.S dan Hastuti, Sri. (2004). Psikologi Pengajaran.Yogyakarta: Media Abadi.

Puspitasari, W. (2013). Hubungan antara Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi.

Sandra, K.I., & M.A. Djalali. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri dan Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia.

Ghufron, M.N., & R. Risnawita, S. (2016). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Levin, P. (2007). Skillfull Time Management. USA: Open University Press.

Winkel, W.S dan Hastuti, Sri. (2004). Psikologi Pengajaran.Yogyakarta: Media Abadi.

Juliasari, N. & Benecdictus. (2016). Hubungan antara manajemen waktu belajar, motivasi

belajar, dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VII

se-Kecamatan Danurajen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika 4 (3). 405-412.

Linda. (2017). Pengantar rancangan modul pelatihan manajemen waktu pada himpunan

mahasiswa program studi psikologi Universitas ”X”. Jurnal Psikologi Psibernetika 10 (1). 1-8.

Slameto. (2010). Balajar & factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Umar, M. (2015). Peran orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah

Edukasi 1 (1). 20-28.

Willis, SS. (2012). Psikologi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sari, A.N. 2010. Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prokratinasi Akademik Pada

Mahasiswa Yang Berwirausaha. Skripsi. Surakarta. Fakultas Psikologi UMS.

Slamet. (2003). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W.S dan Hastuti, Sri. (2004). Psikologi Pengajaran.Yogyakarta: Media Abadi.

Atmodiwirio. (2014). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Berbasis Kompetensi dan Aplikasinya. Bandung: Rosdakarya.

Nasihin, Sukarti dan Sururi. (2011). Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan

Indonesia. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.