Keefektivan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XI MAN 3 Bantul

Vina Fitria, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama dalam meningkatkan Perilaku Asertif Siswa kelas XI di MAN 3 Bantul. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode Eksperimen. Secara lebih jelas penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Desain jenis On Group Pretest-Posttest. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama merupakan Variabel bebas, sedangkan perilaku asertif merupakan variabel terikat. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Bantul, dengan diambil beberapa siswa dengan menggunakan teknik Purposive random sampling. Purposive random sampling merupakan pengumpulan sampel yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan skala psikologi berupa perilaku asertif, yang diukur menggunakan skala likert. Selain itu juga menggunakan observasi untuk melakukan pencatatan gejala berdasarkan tingkatannya yang dapat dilihat melalui kasat mata. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase yang menjelaskan hasil perhitungan skor pretest dan posttest untuk mengetahui tingkat perilau asertif sebelum dan setelah diberikan layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Metode analisis data yang digunakan adalah nonparametris uji wilocoxon, bertujuan untuk mencari perbedaan mean pretest dan posttest.


Full Text:

PDF

References


Arliani, L., Hidayat, S. W., & Abdat, C. H. (2013). Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Asertif. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 1(2), Article 2. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium/article/view/11033

Dewi, E. N. (2022). Meningkatkan Perilaku Asertif Kelas IXA SMP Negeri 2 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 586–595.

Dewi, K. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas Ix Smp Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 [Thesis (Under Graduates), Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24134

Dewi, K. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 8–14. https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i3.17010

Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167–178.

Fidyah, F., Rosra, M., & Andriyanto, R. E. (2018). Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(3), Article 3. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/17077

Hasanah, A. M. A., Suharso, S., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Asertivitas Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i1.7485

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI Ips 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.718

Khalisah, S., & Lubis, R. (2016). Perbedaan Perilaku Asertif Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Remaja Yang Memiliki Clique. Jurnal Diversita, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31289/diversita.v2i1.499

NURSAFITRI, R. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Hubungan Interpersonal Siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1).

Priyanto, sugeng. (2010). Kajian Identifikasi Perilaku Asertif Pustakawan Upt Perpustakaan Undip. UPT Perpustakaan Undip.

Setyowati, N. (2021). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMPN 1 Bataguh Melalui Bidang Bimbingan Kelompok Materi Psikologi Remaja. Jurnal Ilmiah Edunomika, 05.

Setyowati, P. A., & Dwikurnaningsih, Y. (2014). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMA Kartika Iii-1 Banyubiru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Satya Widya, 30(1), 8–16. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p8-16

Sulistyaningsih, N. R. D., & Setiowati, A. (2019). Efektivitas Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.320

Suroso, S. (2020). Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tambakromo Pati. Jurnal ABKIN Jawa Tengah, 1(1), Article 1. http://journal.abkinjateng.org/index.php/jaj/article/view/4

Theresia Ajeng Prisnawati, 11144200035. (2015). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA KELAS VIIB SMP N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/149


Refbacks

  • There are currently no refbacks.