Optimalisasi bimbingan dan konseling karier di Era Society 5.0

Reevan Reismahendra, Ulfa Danni Rosada Rosada

Abstract


Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses program pendidikan. Dalam layanan bimbingan dan konseling terdapat berbagai bidang bimbingan, salah satu bidang bimbingan itu yaitu karier. Pelayanan bimbingan dan konseling disekolah tentunya sangat diperlukan terutama pada perencanaan karier bagi peserta didik. Tujuan dari layanan BK adalah untuk membantu individu menyelesaikan masalah dan membantu mengembangkan potensi diri individu termasuk dalam perencanaan karier sesuai dengan perkembangannya.  Mengingat sekarang ini sudah memasuki era 5.0 dimana era yang menjadi solusi dari berbagai perdebatan yang ditimbulkan dari era sebelumnya yaitu era revolusi industri 4.0. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bimbingan dan konseling dalam mengoptimalkan layanannya untuk mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi era 5.0. Optimalisasi bimbingan dan konseling karier diharapkan dapat membantu peserta didik melihat potensi atau bakat dan karier mereka, agar peserta didik mampu melakukan kegiatan proses belajar mengajar maupun karier mereka dengan lebih optimal dan maksimal. Maka dari itu diharapkan dengan optimalisasi bimbingan dan konseling karir dapat membantu peserta didik memperoleh posisi yang cocok dalam menghadapi era revolusi society 5.0.


Full Text:

PDF

References


Hapsari, E. E. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT MELALUI ANALISIS SWOT PADA SISWA KELAS XI IPA 4 DI SMA NEGERI 1 SLEMAN. Universitas Negeri Yogyakarta.

Harayama, Y. (2017). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Hitachi Review, 66(6), 8–13.

Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580

Lestari, I. (2017). MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR REMAJA MELALUI BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILLS. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 11.

Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK SISWA SMP KELAS IX. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(4), 151.

Nastiti, F. E., & Ni’mal, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian: Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Nurillah, S. A. L. (2017). PROGRAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR MAHASISWA. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 1(1), 67–85.

Rahmadani, N. (2021). KINERJA GURU BK DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM BK LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 37. https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1070

Saputra, N. M. A., Hidayatullah, H. T., & Abdullah, D. (2020). Pelaksanaan Layanan Cyber Counseling Pada Era Society 5.0: Kajian Konseptual. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, 73–79.

Sofiah, S. S. (2018). Aplikasi Fungsi Bimbingan Karir dan Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 6(1), 76–97.

Zamroni, E., Sugiharto, D., & Tadjri, I. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT KEPUTUSAN KARIR PADA PROGRAM PEMINATAN SISWA SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 130–136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.