Kajian literatur: faktor-faktor yang mempengaruhi sikap spiritual siswa

Dhiya’atul Izzati Tokan, Mufied Fauziah

Abstract


Sikap spiritual merupakan suatu keadaan dimana ketika sesorang melakukan kegiatan atau aktifitasnya selalu dibarengi dengan nilai-nilai religi dalam hidupnya yang selalu berhubungan antara kondisi ruhani dan batin dengan kekuasaan yang Maha besar atau Agama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sikap spiritual siswa di SMPN 1 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan Tinjauan Sistematis. Dalam penelitian ini menggunakan jenis layanan Bimbingan Konseling Islami. Tinjauan sistematis ini merangkum hasil studi utama untuk memberikan fakta yang lebih komprehensif dan seimbang. Data diperoleh dari artikel di jurnal penelitian tentang sikap spiritual. 501 Artikel tentang sikap Spiritual yang diterbitkan antara 2018-2022 ditemukan. Dari artikel ini, sepuluh artikel dipilih berdasarkan relevansinya dengan pertanyaan penelitian dari penelitian ini. Data dianalisis isi, menghasilkan tiga kategori penting: keluarga, sekolah, dan masyarakat. Spiritual tidak hanya berpengaruh pada sikap taat pada agamanya tetapi juga memperbaiki karakter dan moral peserta didik. Mengingat perlu adanya pembiasaan agar nilai spiritual tersebut dapat diingat dan diterapkan oleh peserta didik maka hal tersebut dapat diajarkan melalui kegiatan sekolah dimana peserta didik sangat terlibat didalamnya. Dengan demikian peserta didik akan terbiasa melakukan peraturan yang sudah menjadi pembiasaan selama beraktifitas disekolah.

Full Text:

PDF

References


Naniek Kusumawati & Vivi, Rulviana. (2017). Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar, Jawa Timur : CV. AE Media Grafika, 2017 .

Rahayu,Yuna. (2016). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal logika, Vol. XVIII, No. 3, 2016. h. 24.

Pamungkas., Setyo Aji, (2020), Urgensi Penilaian Evaluasi Sikap Spiritual dan Sosial Pada Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inspiratif Pendidikan, Vol.9 No 1 (2020).

Kamala.Izzatin, (2019), Pembahasan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Al-Bidayah Vol 11 No 1 (2019).

Abdul Muiz. Ahmad Sukandar. Husen Saepul Insan, (2022), Pembiasaan Berdo’a Sebelum Belajar Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sikap Spiritual (Studi Deskripsi di Madrasah Aliyah Cilenga dan Madrasah Al-Hamidiyah Cipancur Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Edukatif, Vol. 8 No1 Januari-Juni 2022.

Suherman, (2021), Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Penelitian Medan Agama,Vol.12 No 2 Desember 2021

Mohamad Aso Samsudin, Ukhtul Iffah, 2020, Menumbuhkan Sikap Sosial dan Spiritual Siswa di Sekolah, Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, Vol. 4, No. 2, Januari 2020.

M. Arif Hanafi dkk, (2021), Optimalisasi Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo, Vol 4 No 1 (2021).

Evi. Gusviani, (2022), Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013, Journal Pendidikan Dasar Kampus UPI di Cibiru, Vol 8, No 1

Ediyono, (2018), Internalisasi Nilai-nilai spiritual pada diri Siswa di SMPN 2 Kota Bengkulu, Journal al-Bahtsu: Vol. 3, No. 2, Desember 2018

Alivermana Wiguna, (2017), Upaya Mengembangkan Sikap Spiritual dan Sosial Peserta Didik Berbasis Psikologi Positif di Sekolah, Journal of basic education vol.1 No 02 Januari-juni 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.