Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan interaksi sosial siswa

Djunani Indriyani, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Interaksi sosial adalah suatu tindakan yang dapat menimbulkan reaksi antara individu dengan individu lain dan yang memanifestasikan dirinya melalui kontak secara langsung atau seara tidak langsung. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Teknik Diskusi Layanan Konseling Kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pleret. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan metode yang digunakan adalah studi literature. Tinjauan Pustaka adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan melalui pengumpulan data perpustakaan. Dalam studi kepustakaan ini, penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel dan majalah. Dalam hal ini, layanan bimbingan dan konseling berperan penting dalam membantu siswa meningkatkan interaksi sosialnya dan memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan konseling keterampilan diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial siswa melalui berbagai artikel dan jurnal. Adappun bimbingan kelompok dengan sebuahh teknik diskusi dapat meningkatkan interaksi sosial pada siswa. Sebuahh bimbingan kelompok juga memiliki dinamika kelompok yang dapat meningkatkan sebuah interaksi sosial pada peserta didik. Melalui sebuah kegiatan konseling kelompok, semua anggota kelompok berdiskusi, bertukar berbagai informasi, mengembangkan sebuah keterampilan komunikasi dan interpersonal, memberikan nasihat, menyampaikan dan memahami emosi, berinteraksi, dan meningkatkan interaksi sosial anggota kelompok. Penerapan Metode Diskusi Bimbingan Kelompok dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan interaksi sosial antar siswa. Layanan dan teknologi yang diberikan kepada siswa harus responsif terhadap masalah atau kebutuhan mereka. Dengan demikian, layanan yang diberikan dapat mempengaruhi topik diskusi yang diangkat.


Full Text:

PDF

References


Pamungkas DA dkk. 2018. Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Interaksi Sosial

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Pesawaran. Lampung. Retrieved from

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14803

Ardimen dkk. 2018. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Siswa Anak Asuh. Jurnal Educative, 3. Padang. Retrieved from

https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/educative/article/view/745

Setyorini L dan Nugroho P. 2019. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMA Negri 1 Nguter. Jurnal Advice, 1. Universitas Veteran Bangun Nusantara. Retrieved from

http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/advice/article/view/288

Ningrum AK. 2018. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Tehadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Kediri. Retrieved from

http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/5d41f886cf981c2de9e406ea4839c44c.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.