Konseling individual realita salah satu strategi untuk mereduksi kecanduan gadget pada siswa kelas VIII SMP

Annida Qurrotu ‘Ainii, Mirata Budi Allasya, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebermaknaan teknik konseling individual realita yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi untuk mereduksi kecanduan gadget. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan desain studi kepustakaan/literatur. Data yang dikumpulkan berupa data teks dari jurnal dan buku yang relevan dengan variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu berkaitan dengan kecanduan gadget dan konseling individual realita. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara menghubungkan, membandingkan, menafsirkan, dan menyimpulkan isi dari berbagai teks data yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecanduan gadget dipandang dapat direduksi melalui konseling individual realita karena kecanduan gadget terjadi karena faktor lingkungan yang menyebabkan siswa kecanduan gadget.


Full Text:

PDF

References


Arifin, 2015. Perilaku Remaja Pengguna Gadget. IAIT Kediri. Volume 26 Nomor 2 September 2015 287, 26 September, 287–315.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. 17(2), 23-30

Daud, A. (2019). Penanganan masalah konselig melalui konseling realitas. Jurnal AlTaujih Bingkai Bimbingan dan Konseling, 5 (1). Retrieved From https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/757.

Gerungan 2005. Dalam Buku Psikologi Sosial Mengatakan Attitude Atau Perilaku. Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Perum Balai Pustaka, 1988), hlm. 671

Notoatmodjo, (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, D.K., & Kusmawati, N. (2008). Proses bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Soo Cha, S., & Kyung Seo, B. (2018). Smartphone Use And Smartphone Addiction In Middle School Students In Korea: Prevalence, Social Networking Service, And Game Use. Health PsychologyOpen, 6(2), 1-15. DOI: https://doi.org/10.1177/2055102918755046

Wardhani, F. P. (2018). Student Gadget Addiction Behavior in thePerspective of Respectful Framework. Konselor,7(3), 35-42, DOI: https://doi.org/10.24036/0201872100184-0-00

Willis, S. S. (2013). Konseling individual, Teori dan praktek. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.