Layanan bimbingan kelompok Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba siswa

Qori Afniarti, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Pada saat ini narkoba masih simpang siur dan terdengar beredar atau disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Tidak hanya bagi masyarakat, saat ini narkoba juga sudah mulai masuk dan menyebar di sekolah. Penyebabnya dipengaruhi oleh faktor eskternal dari pergaulan ataupun dari faktor internal dari dirinya yang ingin coba-coba. Bersumber pada permasalahan tersebut tujuan penulisan agar dapat diketahui dengan menggunakan bimbingan kelompok apakah dapat bermanfaat untuk mencegah penyalahgunaan narkoba siswa. Dengan menggunakan metode studi literatur untuk memperoleh informasi melalui kajian penelitian yang telah dilakukan, serta dengan membandiangkan melalui beberapa artikel yang telah ditemui. Berdasarkan hasil penelitian Jimmy Simangunsong, 2015,  dalam jurnal Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja, dan hasil penelitian Yusuf Satria Ali W,2018, Studi Kasus Pengguna Narkoba di Kalangan Remaja di Kota Kediri, dapat disimpulkan bahwa penyalahgunaan narkoba yang dilakukan telah melalui berbagai faktor internal yang ditimbulkan dari diri sendiri serta faktor eksternal yang dipengaruhi oleh lingkungan. Hal tersebut terjadi dari dalam dirinya yang ingin mencoba-coba narkoba yang terpengaruh pula dari luar dirinya yaitu pergaulannya yang sudah duluan mencoba. Sehingga remaja tersebut dilihat dari ciri-cirinya pula hal seperti ini perlu untuk ditindaklanjuti serta perlu adanya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Dengan adanya penulisan artikel ini penulis berharap informasi yang diberikan dapat bermanfaat serta dipergunakan dalam pemberian pelayanan bimbingan kelompok untuk pencegahan menyalahgunakan narkoba.


Full Text:

PDF

References


Hayyun, N. A. S. (2021). Artikel Pengaruh Narkoba Bagi Remaja.

Luthfiansyah, R. R., Miskanik, M., & Hamam, H. (2021). Layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman penyalahgunaan narkoba pada siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 135-142.

Hendra, M. (2018). Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja. Gema Genggong: Jurnal Hukum, Keadilan & Budaya, 2 (1).

Asasunnaja, R., Khairan, A. R., & Musfikar, R. (2020). SISTEM PAKAR DIAGNOSA KARAKTERISTIK PENYALAHGUNAAN NARKOBA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 109-123.

Herindrasti, V. L. S. (2018). Drug-free ASEAN 2025: Tantangan indonesia dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Jurnal Hubungan Internasional, 7(1), 19-33.

Solopos.com. 18 Agustus 2021. BNN Jogja Sebut 2,3 Persen Penduduk DIY Terpapar Narkotika. Diakses dari https://www.solopos.com/bnn-jogja-sebut-23-persen-penduduk-diy-terpapar-narkotika-1146666 pada tanggal 14 Juli 2022.

WARDHANA, Y. S. A. STUDI KASUS PENGGUNA NARKOBA DI KALANGAN REMAJA. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.01.01.0122

Simangunsing, J. (2015). Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja (Studi kasus pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang). Program Studi Ilmu SosiologiFakultas Ilmu Sosial Dan PolitikUniversitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.(E-journal) http://hukum. Studentjournal. ub. ac. id (di akses pada tanggal 31 Mei 2022).

Rumidah, R. (2015). PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA KELAS VIII-E MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 4(2).

Azim, M., & Hartuti, P. (2018). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA SISWA KELAS X MIPA D SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 17(2).

Hayyun, N. A. S. (2021). Pengaruh Narkoba Bagi Remaja dan Pelajar.

Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitia Dan Pengapdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. (2020). Peran orangtua dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 221-228.

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 (pp. 301-310).

Sulasmono, B. S. (2012). Problem solving: signifikansi, pengertian, dan ragamnya. Satya Widya, 28(2), 155-166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.