Layanan bimbingan kelompok teknik self-management untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik

Naufal Yusran, Aprilia Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan teknik self management dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif studi literatur review. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teks jurnal dengan kurun waktu 10 tahun terakhir dan juga menggunakan buku yang relevan yang berkaitan dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan model analisis data Miles & Hubermen dengan mengumpulkan, mengkaji, memilih, memaparkan, dan menyimpulkan hasil penelitian dar para ahli sebelumnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik self management bisa digunakan oleh guru BK atau konselor dalam meningkatkan kematangan karir peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Angelina, P. R. (2018). Optimalisasi Bimbingan dan Konseling Karir di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sntp, 1.

Annisa, A. (2017). EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Ardiyanti, N. I. (2020). Teknik self management melalui terapi syukur untuk mengurangi kecanduan belanja online pada seorang remaja di Desa Campurejo Panceng Gresik [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Folastri, S., & Rangka, I. B. (2016). Prosedur layanan bimbingan dan konseling kelompok. Bandung: Mujahid Press.

Harumi, B. P. Y., & Marheni, A. (2018). Peran Konsep Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unviversitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 23–34.

Indryaningsih, N. L. P., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kela VIII B4 SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Jundana, A. (2020). Penerapan Strategi Self-Management dalam Konseling Kelompok Behavior Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII J di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 143–150.

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68–76.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Marpaung, D. N., & Yulandari, N. (2017). Kematangan karir siswa SMU Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin dan jenis sekolah. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(2).

Monks, J. F., & Knoers, A. M. P. (2014). Psikologi Perkembangan; Pengantar dalam berbagai bagiannya.

Muhammad Akbar Wibisono, A., & Sunaryo, A. I. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DI KELAS IX-B MTs MUSLIMAT NU PALANGKARAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 [PhD Thesis]. Universitas Palangka Raya.

Nurhayati, T., Mustika, R. I., & Fatimah, S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karier Pada Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(3), 219–226.

Pangastuti, U., & Khafid, M. (2019). Peran Kematangan Karir dalam Memediasi Kompetensi Kejuruan dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 485–500.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 3.

Putri, N. A., Susanto, B., & Nugroho, P. W. (2020). Penerapan Strategi Self-Management Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Pemantapan Pemilihan Karier Pada Siswa Sma. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 59.

Raharja, H. Y. (2019). Relevansi pancasila era industry 4.0 dan society 5.0 di pendidikan tinggi vokasi. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts (Deca), 2(1), 11–20.

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saifuddin, A., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Meningkatkan kematangan karier peserta didik SMA dengan pelatihan reach your dreams dan konseling karier. Jurnal Psikologi, 44(1), 39–49.

Sharf, R. S. (2016). Applying career development theory to counseling. Cengage Learning.

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 22(2), 175–191.

Suryanti, D. E., Parmawati, A., & Muhid, A. (2021). Pentingnya Pendekatan Teknik Self Management Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Disekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19: Literature Review. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 181–192.

Suwanto, I. (2018). Identifikasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karir Siswa SMK Negeri 2 Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 27–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.