Efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku bullying pada siswa

Lady Angen Nanti, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Perilaku bullying merupakan suatu perilaku atau perbuatan negatif yang dilakukan baik individu maupun kelompok dengan tujuan menyakiti korban atau orang lain baik fisik maupun mental, dari maraknya perilaku bullying yang terjadi maka dirasa perlu kita ketahui cara untuk mencegah perilaku tersebut. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan metode yang digunakan adalah studi literature. Metode studi literature adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan metode pengumpulan data pustaka, serta mengolah bahan penelitian. Bimbingan Kelompok dapat dikatakan efektif dalam mencegah perilaku bullying agar tidak semakin marak terjadi dikalangan peserta didik. Layanan dan teknik yang diberikan kepada peserta didik harus sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan dari peserta didik, maka besar kemungkinan layanan yang diberikan dapat memberikan pengaruh pada permasalahan yang dialami oleh siswa.


Full Text:

PDF

References


Yunika, R., & Alizamar, A. (2013). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying di sma negeri se kota padang. Konselor, 2(3).

Rakhmawati, E. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP H Isriati Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1 mei).

Saputri, N. F. D., & Zuhdi, M. S. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Remaja. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(1), 63-77.

Maiseptian, F. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 126-135.

Sugiariyanti, S. (2009). PERILAKU BULLYING PADA ANAK DAN REMAJA. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 1(2), 101-108.

Setiowati, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2020). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Yenes, I. (2016). Perilaku Bullying dan Peranan Guru BK/Konselor dalam Pengentasannya (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung). Konselor, 5(2), 116-123.

Fauziyah, N., & Rusmana, N. (2022). BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 22-32.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Wulandari, I., & Irmayanti, R. (2019). BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(4), 125-137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.