Analisis penggunaan modul konseling kedamaian dalam mereduksi perilaku agresi siswa

Ully Uswatun Khasanah, Agus Ria Kumara

Abstract


Remaja adalah mahluk sosial yang tengah belajar keterampilan sosial .Dalam setiap fase pertumbuhan ,remaja menghadapi tugas-tugas perkembangan yang optimal. Namun,kenyatannya tugas-tugas perkembangan  yang menjadi tanggungjawab siswa masih terabaikan . Tugas-tugas perkembangan ini terabaikan karena pada fase ini remaja mengalami transisi dalam menjalani fase menuju kedewasaan . Sehingga,fase ini dapat mendorong siswa melakukan tindakan agresi .Perilaku agresi dilakukan pada masa anak-anak,masa remaja ,masa dewasa . Perilaku agresi ini dapat terjadi tidak hanya di sekolah namun juga dilingkungan rumah , maupun lingkungan sosial . Perilaku agresi adalah perilaku bermasalah yang merugikan orang banyak secara fisik maupun verbal .  Permasalahan tentang perilaku agresi ini menjadi salah satu permasalan urgent yang harus ditangani segera ,khususnya di sekolah oleh konselor . Konselor diharapkan dapat berperan aktif dalam menangani agresivitas yang terjadi di sekolah melalui layanan bimbingan konseling . Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis agresivitas siswa yang direduksi melalui modul konseling kedamaian .Metode penelitian yang digunakan dengan  studi literature .Penelitian dengan metode studi literature ini melalui modul konseling kedamaian dalam mereduksi perilaku agresivitas siswa,pada peserta didik jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) .Dari beberapa permasalahan terkait dengan perilku agresi ,beberapa temuan lain dalam penelitian menujukkan konseling kedamaian dapat mereduksi perilaku agresivitas siswa .

Full Text:

PDF

References


Amaliasari, R. D., & Zulfiana, U. (2019). Hubungan antara Self-Management dengan

Perilaku Agresi pada Siswa SMA. Cognicia, 7(3), 308–320.

Nadhirah, Y. F. (2017). PERILAKU AGRESI PADA ANAK USIA DINI. As-Sibyan:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 141–154.

Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2019).

Agresivitas siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93–99.

Nismayanti, N., Tahiruddin, T., & Rasmiati, K. (2018). Hubungan Perilaku Merokok

Dengan Perilaku Agresif Narapidana Di Kota Kendari. Jurnal Keperawatan,

(02), 01–07.

Teguh, M., Maria, A., Gulo, W., & Hartini, S. (2020). Perilaku Agresi Ditinjau Dari Stres

Kerja Pada Karyawan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(2), 127–133.

Rao, K. N., & Sudarshan, C. (2015). Suicide due to sulfuric acid ingestion in a case of

major depressive disorder. Indian journal of psychiatry, 57(2), 203.

Nisfiannoor, M., & Yulianti, E. (2005). Perbandingan Perilaku Agresif antara Remaja yang Berasal dari Keluarga Bercerai Dengan Keluarga Utuh. Jurnal Psikologi, 3(1), 1-18.

Saputra, W. E. S., & Handaka, I. B. (2017). Konseling Kedamaian: Strategi Konselor untuk Mereduksi Perilaku Agresi Remaja. Makalah dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan III 2017.

Saputra, W. N. E., Widiasari, S., & Dina, D. A. M. (2016). Peace Education: Islamic Perspective. Makalah dipresentasikan pada Proceeding 1st International Conference on Islamic Education.

Galtung, J. (1967). Theories of peace: A synthetic approach to peace thinking. Oslo: International Peace Research Institute, 2005, 238.

Cremin, H., & Bevington, T. (2017). Positive peace in schools: Tackling conflict and creating a culture of peace in the classroom. Routledge.

R.Adelina.,& A.Setia.(2017).FENOMENA PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DAN PENANGANAN SECARA PSIKOLOGIS . Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi: 1-10 . Surakarta , 2017 : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Marlangan, F., Suryanti, N. M. N., & Syafruddin, S. (2020). Kekerasan di sekolah studi pada siswa SMA/SMK di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(1).https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i1.113.g57

Wijayanti, R. N., Saputra, W. N. E., Hartanto, D., & Nugraha, A. (2020). Modul berpikir damai (media konselor mereduksi perilaku agresif siswa pada masa pandemi COVID-19). (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020, 1(1), 121–127.

Law, D. M., Shapka, J. D., Domene, J. F., & Gagné, M. H. (2012). Are cyberbullies really bullies? An investigation of reactive and proactive online aggression. Computers in Human Behavior, 28(2), 664–672. https://doi.org/10.1016/j.chb.2011.11.013

Murray-Close, D., Ostrov, J. M., Nelson, D. A., Crick, N. R., & Coccaro, E. F. (2010). Proactive, reactive, and romantic relational aggression in adulthood: Measurement, predictive validity, gender differences, and association with intermittent explosive disorder. Journal of Psychiatric Research, 44(6), 393–404. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2009.09.005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.