Konseling kelompok Cognitive Behavior dalam mereduksi fomo pada mahasiswa: sebuah studi literatur

Astrid Nabilah Anwar, Amien Wahyudi

Abstract


Perkembangan teknologi memberikan banyak dampak positif namun juga tak luput dari dampak negatif bagi individu bila kurang bijak dalam penggunaannya. Sosial media adalah satu contoh dari banyaknya bentuk perkembangan teknologi yang bila digunakan dengan bijak memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Namun penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan adiksi pada penggunanya. FoMO merupakan salah satu dampak negatif yang dapat dialami oleh individu akibat perkembangan teknologi. Mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang banyak menggunakan sosial media baik itu untuk kebutuhan pekerjaan ataupun sekadar hiburan. Adiksi atau kecanduan internet dapat menjadi pemicu terjadinya FoMO atau fear of missing out. Agar dapat mereduksi dampak tersebut, perlu adanya intervensi yang dilakukan. Intervensi yang akan digunakan adalah Konseling Kelompok Cognitive Behavior. Penulisan makalah ini menggunakan metode berupa studi kepustakaan atau yang disebut juga dengan studi literatur. Data-data dalam makalah ini diperoleh dalam artikel ini menggunakan database google schoolar.


Full Text:

PDF

References


Abel, J. P., Buff, C. L., & Burr, S. A. (2016). Social Media and the Fear of Missing Out: Scale Development and Assessment. Journal of Business & Economics Research (JBER), 14(1), 33–44. https://doi.org/10.19030/jber.v14i1.9554

Adams, S. K., Murdock, K. K., Daly-Cano, M., & Rose, M. (2020). Sleep in the Social World of College Students: Bridging Interpersonal Stress and Fear of Missing Out with Mental Health. Behavioral Sciences, 10(2), 54. https://doi.org/10.3390/bs10020054

Afdilah, I. H., Hidayah, N., & Lasan, B. B. (2020). Fear of Missing Out (FoMO) in Analysis of Cognitive Behavior Therapy (CBT). 220–223. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.040

Akbar, R. S., Aulya, A., Psari, A. A., & Sofia, L. (2018). Ketakutan Akan Kehilangan Momen (FoMo) Pada Remaja Kota Samarinda. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 7(2), 38–47. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2404

Al-Menayes, J. (2016). The Fear of Missing out Scale: Validation of the Arabic Version and Correlation with Social Media Addiction. International Journal of Applied Psychology, 2016, 41–46. https://doi.org/10.5923/j.ijap.20160602.04

Al-menayes, J. J. (2015). Dimensions of social media addiction among university students in Kuwait.

Alt, D. (2015). College students’ academic motivation, media engagement and fear of missing out. Computers in Human Behavior, 49, 111–119. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.057

Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Prenada Media.

Anggraeni, R. D. (2021). Hubungan antara Subjective Well-Being dan Fear of Missing Out (FoMO) pada Emerging Adulthood [Undergraduate, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya]. https://doi.org/10/Turnitin%20-%20HUBUNGAN%20ANTARA%20SUBJECTIVE%20WELL-BEING%20DAN%20FEAR%20OF%20MISSING%20OUT%20%28FOMO%29%20PADA%20EMERGING%20ADULTHOOD.pdf

Chang, A.-M., Aeschbach, D., Duffy, J. F., & Czeisler, C. A. (2015). Evening use of light-emitting eReaders negatively affects sleep, circadian timing, and next-morning alertness. Proceedings of the National Academy of Sciences, 112(4), 1232–1237. https://doi.org/10.1073/pnas.1418490112

Corey, G. (2016). Theory & Practice of Group Counseling (9th ed.). Cengage Learning.

Erford, B. T. (2020). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor.

Gupta, M., & Sharma, A. (2021). Fear of missing out: A brief overview of origin, theoretical underpinnings and relationship with mental health. World Journal of Clinical Cases, 9(19), 4881–4889. https://doi.org/10.12998/wjcc.v9.i19.4881

Gustafsson, E., Thomée, S., Grimby-Ekman, A., & Hagberg, M. (2017). Texting on mobile phones and musculoskeletal disorders in young adults: A five-year cohort study. Applied Ergonomics, 58, 208–214. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2016.06.012

Harisa, I. F. (2021). PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN SABUK PADA SISWA PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI UNIVERSITAS RIAU. UIN SULTAN SYARIF KASIM.

Jamun, Y. M. (2018). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Komala, K., Rafiyah, I., & Witdiawati, W. (2022). Description Fear of Missing Out (FoMO) in Undergraduate Students at Faculty of Nursing. Journal of Nursing Care, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/jnc.v5i1.34693

Mus, R., Thaslifa, T., Abbas, M., & Sunaidi, Y. (2021). Studi Literatur: Tinjauan Pemeriksaan Laboratorium pada Pasien COVID-19. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(4), 242–252. https://doi.org/10.22146/jkesvo.58741

Nursodiq, F., Andayani, T. R., & Supratiwi, M. (2020). When Fear of Missing Out Becomes a Good Thing. 254–259. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201017.056

Park, J. H., Moon, J. H., Kim, H. J., Kong, M. H., & Oh, Y. H. (2020). Sedentary Lifestyle: Overview of Updated Evidence of Potential Health Risks. Korean Journal of Family Medicine, 41(6), 365–373. https://doi.org/10.4082/kjfm.20.0165

Prasasti, S. (2019). LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI WANITA DI BALAI REHABILITASI WANITA SURAKARTA (No. 1). 39(1), Article 1. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/873

Prayitno, P., Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Ghalia Indonesia.

Prayitno, P., & Amti, E. (2017). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Primack, B. A., Shensa, A., Sidani, J. E., Whaite, E. O., Lin, L. yi, Rosen, D., Colditz, J. B., Radovic, A., & Miller, E. (2017). Social Media Use and Perceived Social Isolation Among Young Adults in the U.S. American Journal of Preventive Medicine, 53(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2017.01.010

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Raja, R., & Nagasubramani, P. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, 3, 33. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3iS1.165

Rani, R. K., Sugiharto, D. Y. P., & Sugiyo, S. (2022). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 44–48. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.155

Rasimin, R., & Hamdi, M. (2021). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bumi Aksara.

Repi, A. A. (2019, October 3). Self Compassion Versus Self Esteem terhadap Pembentukan Self Concept Remaja: Mana yang Lebih Baik? | Repi | Jurnal Psikologi TALENTA. https://ojs.unm.ac.id/talenta/article/view/8242

Retnaningrum, Y. D. (2019). Hubungan Antara Self Esteem Dengan Fomo Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/7067/

Seabrook, E. M., Kern, M. L., & Rickard, N. S. (2016). Social Networking Sites, Depression, and Anxiety: A Systematic Review. JMIR Mental Health, 3(4), e50. https://doi.org/10.2196/mental.5842

Sheppard, A. L., & Wolffsohn, J. S. (2018). Digital eye strain: Prevalence, measurement and amelioration. BMJ Open Ophthalmology, 3(1), e000146. https://doi.org/10.1136/bmjophth-2018-000146

Stojković, I., Vukosavljević-Gvozden, T., David, I., & Purić, D. (2022). Internet Addiction in Adolescents: A Rational Emotive and Cognitive Behavior Therapy Perspective. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy. https://doi.org/10.1007/s10942-022-00445-3

Sulistianingsih, S., & Widiantari, D. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. Coution : Journal of Counseling and Education, 1(1), 59–69. https://doi.org/10.47453/coution.v1i1.83

Widyana, R., & Purnamasari, S. E. (2020). Do Fear of Missing-out Mediated by Social Media Addiction Influence Academic Motivation Among Emerging Adulthood? Journal of Educational, Health and Community Psychology, 9(3), 259–275.

Wolniewicz, C. A., Tiamiyu, M. F., Weeks, J. W., & Elhai, J. D. (2018). Problematic smartphone use and relations with negative affect, fear of missing out, and fear of negative and positive evaluation. Psychiatry Research, 262, 618–623. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2017.09.058


Refbacks

  • There are currently no refbacks.