Implementasi Social Presence pada pembelajaran daring: studi literatur dari berbagai skema pembelajaran daring

Zaenab Amatillah Rodhiyya, Agus Ria Kumara

Abstract


Perubahan proses belajar dari sistem luring menjadi sistem daring menimbulkan berbagai masalah baru terutama di sekolah-sekolah Indonesia yang masih awam dengan belajar daring. Salah satu cara untuk mereduksi masalah yang timbul dari belajar daring adalah dengan menerapkan social presence. Social presence merupakan unsur utama bersama dengan cognitive presence dan teaching presence yang harus dimunculkan dalam belajar daring agar proses belajar dapat berjalan optimal. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk menyajikan pemaparan terkait penerapan social presence pada pembelajaran daring di sekolah yang diharapkan dapat menjadi pemantik bagi para guru di Indonesia untuk dapat mendalami dan menerapkan social presence pada proses pendidikan. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur. Dari berbagai studi mengemukakan bahwa social presence yang dilakukan baik secara sinkronus maupun asinkronus menggunakan berbagai bantuan teknologi seperti percakapan virtual, kelas virtual, video conference, maupun website berdampak positif terhadap pembelajaran aktif dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Partisipasi dan peran guru dalam membangun hubungan interaksi dalam pembelajaran daring juga sangat dibutuhkan sehingga penerapan social presence dapat semakin intens. Oleh karena itu, aspek social presence sangat direkomendasikan untuk diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran daring baik dalam skema full online ataupun blended learning.

Full Text:

PDF

References


Aminullah, Ikram, Chandra, F., Fitriani, N., & Enrekang, U. M. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19. Maspul Journal of Community Empowerment, 3, 21–26.

Assiddiqi, D. R., & Soeryanto. (2021). Peluang Menurunnya Capaian Hasil Belajar (Learning Loss) dan aAlternatif Solusinya: Kajian Kasus Pembelajaran Online di Era Pandemi covid-19 Jurusan Teknik Mesin UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(3), 47–45.

Bhakti, C. P. & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 104-113

Borup, J., West, R. E., & Graham, C. R. (2012). Improving online social presence through asynchronous video. Internet and Higher Education, 15(3), 195–203. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2011.11.001

Bulu, S. T. (2012). Place presence, social presence, co-presence, and satisfaction in virtual worlds. Computers and Education, 58(1), 154–161. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.08.024

Dalgarno, B., Lee, M. J. W., Carlson, L., Gregory, S., & Tynan, B. (2011). An Australian and New Zealand scoping study on the use of 3D immersive virtual worlds in higher education. Australasian Journal of Educational Technology, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.14742/ajet.978

Deguchi, A., et al. (2018). Society 5.0: A people-centric super-smart society. Tokyo: The Springer. ISBN 978-981-15-2988-7

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Ensmann, S., Whiteside, A., Gomez-Vasquez, L., & Sturgill, R. (2021). Connections before curriculum: The role of social presence during covid-19 emergency remote learning for students. Online Learning Journal, 25(3), 36–56. https://doi.org/10.24059/olj.v25i3.2868

Fikriani, D. (2021). Temuan kajian pengembangan pendidikan berbasis teknologi informasi pasca bencana

Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. (1999). Critical Inquiry in a Text-Based Environment: Computer Conferencing in Higher Education. Internet and Higher Education, 2(2–3), 87–105. https://doi.org/10.1016/S1096-7516(00)00016-6

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Huang, M. S., Hsiao, W. H., Chang, T. S., & Hu, M. H. (2012). Design and implementation of a cooperative learning system for digital content design curriculum: Investigation on learning effectiveness and social presence. Turkish Online Journal of Educational Technology, 11(4), 94–107.

Kim, J., Kwon, Y., & Cho, D. (2011). Investigating factors that influence social presence and learning outcomes in distance higher education. Computers and Education, 57(2), 1512–1520. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.02.005

Liu, Y. (2019). Using reflections and questioning to engage and challenge online graduate learners in education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0098-z

Molinillo, S., Aguilar-Illescas, R., Anaya-Sánchez, R., & Vallespín-Arán, M. (2018). Exploring the impacts of interactions, social presence and emotional engagement on active collaborative learning in a social web-based environment. Computers and Education, 123, 41–52. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.012

Pratiwi. (2021). Learning loss. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.

Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran jarak jauh pada PAUD: Studi literatur berbagai metode pembelajaran pada masa pandemi di berbagai tempat. Jurnal Pendidikan, 10(1), 34–41. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/37320

Short, J., Williams, E., & Christie, B. (1976). The social psychology of telecommunications. London: Wiley

Suherman, M., Hadion, W., & Irjus, I. (2020). Industry 4.0 vs society 5.0. Banyumas: CV. Pena Persada

Whiteside, L. A., et al. (2017). Social presence in online learning: Multiple perspectives on practice and research. Stylus Publishing: Virginia

Zhao, Y. (2021). Build back better: Avoid the learning loss trap. Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09544-y

Ziomek-Daigle, J. (2015). School counseling classroom guidance: Prevention, accountability, and outcomes. London, UK: SAGE Publications, Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.