Teknik Role Playing pada layanan bimbingan kelompok Untuk mereduksi perilaku bullying pada siswa

Defi Puspitasari, Siti Muyana

Abstract


Sekolah tempat membangun hubungan pertemanan atau mencari jati diri. Dalam hubungan social siswa pasti mendapati suatu masalah. Salah satunya yaitu tindakan yang dapat membaahayakan orang lain. Tindakan yang membahayakan orang lain salah satunya yaitu tindakan kekerasan antar peserta didik sehingga menjadi perhatian banyak orang. Perilaku tersebut ialah tindakan bullying . Perilaku kekerasan biasanya dilakukan oleh anak-anak, bahkan sampai remaja. Ada beberapa macam perilaku bullying dari yang ringan sampai yang berat. Sehingga membuat para korban mempunyai trauma berat bahkan bisa sampai berujung ke kematian. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya korban yang sering menyendiri atau tidak mempunyai teman. Biasanya korban merasa takut untuk bertemu dengan orang atau  jarang keluar rumah karena takut hal ini akan terjadi pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memberi gambaran pada anak-anak atau remaja menjadi seorang pembully dan juga menjadi korban. Penelitian ini dilakuakn dengan menggunakan metode literature review, penelitian dilakukan pada remaja. 


Full Text:

PDF

References


Dupper, D. R. (2013). School bullying: New perspectives on a growing problem. New York, NY: Oxford University Press.

Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying : Mengatasi Kekerasan Disekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.

Purnaningrum, A. W., Purwanto, E., & Ja, M. (2017). Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Membentuk Sikap Negatif Siswa terhadap Perilaku Bullying. Jurnal Bimbingan Konseling,

Rahman, A. (2019). Pengaruh teknik role playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di smk negeri 1 barru. Bimbingan Dan Konseling,

Ristiyana, L. A., Kiswantoro, A., Hidayati, R., & Artikel, S. (2020). Bimbingan

Kelompok Teknik Role playing Untuk Mengatasi Dampak Negative Bulliying Terhadap Emosi Siswa.

Baiquniyah, Budiono, A. N., & Rahayu, S. (2018). Menurunkan Intensitas Bullying Melalui Metode Role Playing Pada Siswa. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Psikologi,

Ristiyana, L. A., Kiswantoro, A., Hidayati, R., & Artikel, S. (2020). Bimbingan

Kelompok Teknik Role playing Untuk Mengatasi Dampak Negative Bulliying Terhadap Emosi Siswa.

Baiquniyah, Budiono, A. N., & Rahayu, S. (2018). Menurunkan Intensitas Bullying Melalui Metode Role Playing Pada Siswa. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Psikologi,

Ida Ayu Diah Padma Dewi, Ni Nengah Madri Antari, Nyoman Dantes, Penerapan Konseling Kognitif Sosial Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Sikap Empati Pada Siswa Kelas XI

Anwar Sutoyo, Pemahaman Individu, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012), Hal. 85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.