Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa

Mariani Afni Zabila, Hardi Prasetiawan

Abstract


Pada penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan terhadap layanan bimbingan kelompok pada teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif melalui kajian literatur berupa jurnal ilmiah dan skripsi, sehingga dalam penelitian untuk menghasilkan data tentunya  tidak membutuhkan sampel maupun populasi. Penelitian membahas mengenai kemampuan individu dalam menerapkan interaksi di tengah lingkungan sosial, tentu membutuhkan penyesuaian diri yang cukup baik, karena hal tersebut dapat mempermudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Biasanya para siswa sering kali memiliki kekhawatiran, kegaduhan, rasa gugup, keringat dingin, gemetar, sehingga terdapat masalah dalam kejiwaannya. Adapun penggunaan yang mana dapat meningkatkan adanya penyesuaian diri bagi para siswa yang terbukti efektif untuk dilakukan, yakni berupa bentuk layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok ini merupakan salah satu bentuk layanan yang memiliki pengaruh terhadap penyesuaian diri. Dalam adanya layanan bimbingan ini, juga terdapat sebuah teknik sosiodrama yang mana sesuai dalam mempermudah para siswa dalam mengetahui dan memahami hubungan secara interpersonal. Teknik sosiodrama dapat diartikan sebagai bentuk dari metode pembelajaran yang lebih fokus terhadap permainan yang dapat menyelesaikan banyak permasalahan di lingkungan sekitar. Teknik sosiodrama ini juga memiliki peluang dalam menelusuri potensi belajar yang dimiliki para siswa dengan dikatikan pada persoalan-persoalan sosial. Maka dalam metode tersebut tentunya berhubungan dengan interaksi sosial antara dua orang atau lebih. Bahkan sosiodrama tentu tidak terlepas dari penerapan penyesuaian diri sendiri, teknik ini dapat dibentuk permainan karena telah difungsikan untuk memaparkan perasaan, sikap, pola perilaku, dan nilai dari orang tersebut guna bertujuan dalam menghayati perasaan.


Full Text:

PDF

References


Al-Halik, & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v7i1.7186

Fidyah, F., Rosra, M., Eka Andriyanto, R., Soemantri Brojonegoro No, J., Lampung, B., & FKIP Universitas Lampung Jl Soemantri Brojonegoro No, D. (2018). Pengguna Konseling Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Asertif. Alibkin, 6(3), 120–135.

Hasbi, E. (2020). Efektivitas Sosiodrama Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Smk Negeri 2 Palopo Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin , Adab , Dan Dakwah Efektivitas Sosiodrama Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Smk Negeri 2 Palopo Fakulta. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 43–51. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.43-51

Mawarni, M. E. (2012). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Tata Krama Pergaulan di Sekolah Pada Siswa Kelas X.6 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Pratiwi, S. M. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sabila, A. D. (2016). Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Solikhah, A. (2018). Efektifitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 KEDIRI Tahun Ajaran 2017/2018. Simki-Pedagogia, 2(4), 1–6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.