Penerapan seni musik dalam layanan konseling Untuk meminimalisir stress akademik

Daren Zidni Zinedine, Siti Muyana

Abstract


Perkembangan zaman semakin modern merubah tatanan kehidupan. Berbagai persoalan baru bermunculan khususnya dalam lingkup akademik. Persoalan tersebut berupa strees akademik yang sering dijumpai pada siswa. Terdapat dua faktor yang memicu terjadinya stress akademik yakni faktor internal dan eksternal. Perlunya strategi coping yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Melihat kondisi tersbut konselor dituntut untuk memberikan layanan konseling yang inovatif. Salah satu layanan konseling inovatif yang dapat diterapkan konselor dengan memanfaatkan seni kreatif musik. Penggunaan seni musik dalam layanan konseling memiiki tiga teknik yakni production,reproduction,dan reception. Seni kreatif musik dinilai mampu memberikan manfaat bagi siswa dalam meminimalisir stress yang terjadi.


Full Text:

PDF

References


Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019, November). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 142-149).

Saputra, W. N. E. (2017). Musik Dan Konseling: Sebuah Inovasi Dengan Mengintegrasikan Seni Kreatif Dalam Konseling. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 395-401).

Salsabila, K., Yudha, E. S., & Gumelar, F. A. (2022). Kesenian Gamelan Sebagai Upaya Mereduksi Loneliness. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 187-195).

Jurnal

Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi gejala stres akademik dan kecenderungan pilihan strategi koping siswa berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 197-208.

Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Integrasi Seni Kreatif dalam Konseling dengan Pemanfaatan Seni Visual. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 108-113.

Hapsari, S. (2021). Kegunaan Terapi Musik dalam Bimbingan Konseling. PsyArXiv. September, 19.

Saputra, W. N. E. (2015). Evaluasi Program Konseling di SMP Kota Malang: Discrepancy Model. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol, 1(2).

Saputra, W. N. E. (2016). Evaluasi program konseling individu di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan model discrepancy. Jurnal Fokus Konseling, 2(1).

Gladding, S. T. (2016). The Creative Arts in Counseling. Alexandria: American Counseling Association

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi stres akademik siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.