Layanan konseling kelompok teknik REBT dan implikasinya terhadap optimisme siswa

Ayu Sekar Mirah, Agungbudi prabowo

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok teknik REBT dan implikasinya terhadap optimisme siswa. Riset ini menggunakan riset pra-eksperimental. Subjek riset ini merupakan siswa kelas X di SMK N 1 Bantul yang ditetapkan dengan metode purpose sampling. Pengumpulan informasi diperoleh dengan memakai observasi serta skala optimisme. Hasil riset ini menampilkan cerminan tingkatan optimisme siswa saat sebelum diberikan terapi terletak pada kategori rendah serta setelah diberikan treatmen terletak pada kategori tinggi dan metode REBT mempengaruhi positif terhadap optimisme siswa 


Full Text:

PDF

References


Wahyudi, W. (2020). layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13-16.

Putri, D. T., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2019). KONSELING KELOMPOK PERSPEKTIF INTEGRATIVE (TEKNIK DISPUTE COGNITIVE & TEKNIK IMAGERI) UNTUK MENCEGAH UPAYA PERCOBAAN BUNUH DIRI SISWA BERASRAMA DI PESANTREN. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 2(2), 67-76.

Siregar, R. A., Bahri, S., & Bustamam, N. (2018). PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE ADAPTIVE DI DALAM REBT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.