Pendekatan Behavioral teknik kontrak perilaku dalam mengatasi prokrastinasi dan pengaplikasianya dalam konseling kelompok

Siti Fatimah, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan tindakan menunda nunda untuk menyelesaikan tugas akademik yang mempunyai batas waktu pengumpulan. Keterlambatan dalam mengumpulkan tugas ini banyak terjadi di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan khususnya siswa kelas VIII. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari konselor bahwa laporan yang didapatkan dari guru mata pelajaran cukup banyak dan menjadi sebuah masalah yang cukup serius. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji keefektifan penggunaan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral teknik kontrak perilaku untuk mengatasi prokrastinasi akademik yang di alami siswa SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperiment design dengan jenis pre-test post-test one group design


Full Text:

PDF

References


Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2021). Peningkatan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 851–858. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/18284

Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 5(1), 17. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p17-21

Fitri, E. N., & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Educatio, 2(2), 19–23.

Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX

Lubis, N. L., & Hasnida. (2016). Konseling Kelompok (1st ed.). Kencana.

Mahardika, N. (2020). Mereduksi Disfungsional Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4672

Monica, M. A., Erlina, N., & Rahmaniar, P. R. (2022). Penerapan Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.146

Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34–43.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00

Permana, B. (2019). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Darul Falah Cililin. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(3), 87. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498

Permasalahan yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. (2022).

Prabowo, A. S., & Cahyawulan, W. (2016). Pendekatan Behavioral: Dua Sisi Mata Pisau. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 15. https://doi.org/10.21009/insight.051.03

Rasimin, & Hamdi, M. (2018). Bimbingan dan Konseling Kelompok (B. S. Fatmawati (Ed.); 1st ed.). PT. Bumi Aksara.

Rianawati, A. I., Lestari, S. M., Amalia, R., & Gustian, R. (2022). Pengembangan Powerpoint Interaktif ” Hak dan Kewajiban ” Sebagai Media Digital Untuk Sekolah Dasar. 6, 10967–10974.

Rivanda, S. bintang. (2022). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i1.130

Sari, E. P., Hartati, S., Siswanti, R., Dahlan, U. A., & Sentolo, S. M. P. N. (2022). Teknik – Teknik Bimbingan dan Konseling dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. 6, 11896–11905.

Setyowati, E., Santosa, H., & Biantoro, Y. (2020). Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ Di SMK Ma’arif 1 Nanggulan. Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ Di SMK Ma’arif 1 Nanggulan, 957–965. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21382

Suryani, S., & Khairani, K. (2013). Pendapat Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Universitas Negeri Padang, 3(1), 53.

Turmudi, I., & Suryadi. (2021). Manajemen perilaku prokrastinasi akademik. Al-Tazkiah, 10(1), 39–58.

Untuk, K., & Prokrastinasi, M. (2021). Kemanjuran teknik self contract dalam konseling kelompok untuk mereduksi prokrastinasi tugas. 1418–1429.

Wangid, M. N. (2014). Volume 19 Nomor 2 Oktober 2014. Tazkiya, 19(2), 235–247. http://psikologi.uinjkt.ac.id/wp-content/uploads/2016/08/2-Tazkiya-VOL.-19-NO.-2-OKTOBER-2014.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.