Penerapan teknik Modelling dalam bimbingan kelompok untuk pemantapan Career Planning pada siswa sekolah menengah kejuruan

Dimas Sundawa, Agus Ria Kumara

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Penerapan Teknik Modelling dalam Bimbingan Kelompok Untuk Pemantapan Career Planning pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka. Penelitian kajian pustaka ini menunjukan penerapan teknik modelling dalam bimbingan kelompok untuk pemantapan carer planning pada siswa sekolah menengah kejuruan. 


Full Text:

PDF

References


Novanti, A. Y., Rakhmawati, D., & Lestari, F. W. (2021). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA N 1 MOGA. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 63-68.

Gunaryo, B. (2015). Hubungan Iklim Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru pada SMK Islam Sudirman Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Dewi, I. K. (2019). Layanan Bimbingan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Di SMK IT Ma’Arif Nu Karanglewas Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Amalianingsih, R., & Herdi, H. (2021). STUDI LITERATUR: FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 50-56.

Liza, L. O., & Rusandi, M. A. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 14-17.

SYAMSUDIN, S. (2018). TEKNIK MODELING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TP 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).

Pio, R. J. (2017). Perencanaan dan pengembangan karir. In Prosiding Seminar Nasional TIK dan Ilmu Sosial (SocioTech) STMIK Bumigora, hal (pp. 207-215).

KARSANI, K. (2019). EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI KARIR UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68-74.

Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik Modeling dalam Bimbingan Kelompok untuk Perencanaan Karier Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(2), 61-71.

Febrianti, C., & Irmayanti, R. (2019). Teknik Psikodrama dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Merokok Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 105-113.

Mugiharso, H. dkk.(2006). Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press.

Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68-76.

Dwikurnaningsih, Y., & Adiputri, D. R. (2014). Pengaruh layanan informasi karier terhadap kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 2 Cepu. Satya Widya, 30(1), 34-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.