Pengaruh regulasi emosi terhadap Hasil belajar siswa

Indah Octaviana, Siti Muyana

Abstract


Kemampuan siswa dalam menelola emosi yang dimiliki disebut regulasi emosi. Hasil belajar merupakan pencapaian siswa dari proses dan usaha yang dilakukan dalam belajar. Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yaitu tingkat emosional individu. Karakteristik regulasi emosi diantaranya 1) kendali diri, 2) memiliki hubungan intrepersonal yang baik, 3) memiliki sifat hati-hati, 4) memiliki adaptobilitas, 5) toleransi, 6) memiliki pandangan positif. Emosi ada dua macam diantaranya yaitu emosi positif dan emosi negatif. Regulasi emosi dapat berdampak pada pencapaian hasil belajar sisiwa. Individu yang memiliki kemampuan dalam meregulasi emosi maka dapat menjalai proses belajar dengan lancar sehingga hasil yang diterima baik dan mendapat prestasi belajar. Penggunaan metode pada penulisan penelitian ini adalah penilitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan dengan bantuan program IBM SPSS 22. 

Full Text:

PDF

References


Astriyani, A., Triyono, T., & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809.

Fitriani, Y., & Alsa, A. (2015). Relaksasi autogenik untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 1(3), 149–162.

Goleman, D. (2017). What Makes a Leader?(Harvard Business Review Classics). Harvard Business Press.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Hapnita, W. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. Cived, 5(1).

Hasanah, T. D. U., & Widuri, E. L. (2014). Regulasi emosi pada ibu single parent. Jurnal Psikologi Integratif, 2(1).

Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148–156.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Nadhiroh, Y. F. (2017). Pengendalian emosi. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 2(01), 53–62.

Nansi, D., & Utami, F. T. (2016). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Perilaku Disiplin Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qodratullah Langkan. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 2(1).

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Pratisti, W. D. (2012). Peran kehidupan emosional Ibu, Budaya dan Karakteristik Remaja Pada Regulasi Emosi Remaja.

Putri, C. I. H., & Primana, L. (2017). Pelatihan regulasi emosi anak usia prasekolah (3-4 tahun). Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 190–202.

Rusmaladewi, D. R. I., Kamala, I., & Anggraini, H. (2020). Regulasi Emosi pada Mahasiswa Selama Proses Pembelajaran Daring di Program Studi PG-PAUD FKIP UPR. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati 16 no, 2, 33–46.

Saputra, S. (2017). Hubungan Regulasi Emosi dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 6(3), 96–100.

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode pembelajaran inquiry dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).

Wahyuni, S. (2013). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1).

Widayah, S. N. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Sdn Gugus Dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. Skripsi.

Yusuf, P. M., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Empati, 6(3), 98–104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.