Analisis biblioterapi: Kajian kontrol diri peserta didik di Indonesia tahun 2020-2023

Diyah Amellia, Amien Wahyudi

Abstract


Pengendalian diri yang baik dalam setiap individu sangat diperlukan di setiap aktivitasnya. Pada kehidupan sosial pun kontrol diri sangat berperan tinggi bagi individu. Kontrol diri berkenaan pada cara seseorang mengarahkan emosinya serta dorongan pada dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta mendeskripsikan riset tentang kontrol diri di Indonesia dengan fokus riset pada tahun 2020-2023. Didalam studi ini menggunakan analisis bibliometrik dengan sampel data sebanyak 200 dokumen pencarian melalui google scholar dengan bantuan Publish or perish (POP). Selanjutnya data disimpan dalam bentuk CSV dan di input pada Vos Viewer dengan 3 kata kunci yang dicari yaitu kontrol diri, publish or perish dan bibliometrik. Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan kaitan terjadinya hubungan kontrol diri dengan individu lebih dominan untuk mengkaji mengenai perilaku agresif. Nyatanya terdapat implikasi riset ini akan membantu serta menjadi bahan dasar penelitian untuk meneliti kontrol diri di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, H., & Emmanuel, S. (2020). Pelatihan Teknik Self Control untuk Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 5(2), 90-97.

Cahyani, N. (2019). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi: Jurnal of Disability Studies, 6(02), 259-284.

Febrianti, C., & Irmayanti, R. (2019). Teknik Psikodrama dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Merokok Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 105-113.

Fitriyah, L. (2021). Progam Wali Asuh Dalam Meningkatkan Kualitas Kontrol Diri Santri Di Pondok Pesantren. Jurnal Islam Nusantara, 5(2), 1-12.

Hasanah, N., & Sembiring, M. (2021). Peningkatan Kontrol Diri Terhadap Media Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Tamansiswa Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 10(2), 57-63.

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 65-70.

Jahiras, J. (2020). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Efektif Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMPN 48 Surabaya. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 378-381.

Khoiruniisa, T. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Mts Muta’allimin Cadasari.

Kurniyadi, H., Deska, P., Anindya, G., Widyastuti, D. A., & Prasetya, A. B. (2022, October). Layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama: strategi untuk meningkatkan self control penggunaan gadget. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).

Kusumawardhani, I. A., Kurnianingrum, W., & Soetikno, N. (2018). Art therapy untuk meningkatkan kontrol diri pada anak didik lapas. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 135-143.

Lubis, A. E., Khairuddin, K., & OK, A. H. (2023). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Siswa di MAN 5 Madina. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 1-9.

Mumbaasithoh, L., Ulya, F. M. A., & Rahmat, K. B. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33-42.

Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2021, October). Pelatihan self-control dalam penggunaan gadget dikalangan remaja. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3, No. 1, pp. 1329-1334).

Rahayu, L. P. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku agresif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2).

Sitorus, M. W., Badrujaman, A., & Fitri, S. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan terhadap penerimaan diri siswa. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 18-23.

Qurrota’ayun, B. I. (2020). Peningkatan Kontrol Diri Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.