Strategi layanan bimbingan kelompok dalam menentukan keputusan pemilihan karir siswa

Huuriyah Nahda, Mufied Fauziyah

Abstract


Keputusan pemilihan karir menjadi salah satu tugas perkembangan siswa. Remaja sudah harus memikirkan pekerjaan mana yang sesuai dengan mereka dan tidak semua pekerjaan yang dipilih sesuai dengan yang mereka harapkan, maka dari itu keputusan pemilihan karir bagi setiap peserta didik sangatlah penting. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam membantu siswa menentukan keputusan pemilihan karir mereka dimasa depan. Pencarian data melalui Google Scholar, yang dimana data tersebut berupa jurnal yang dianalisis yaitu dengan rentang tahun 2017 sampai 2020 dan terdapat 15.000 dengan kata kunci. Penelitian ini menggunakan literatur review pada 5 jurnal dan penelitian ini mengenai bimbingan kelompok dalam menentukan keputusan pemilihan karir siswa. Berdasarkan review literatur yang sudah dilakukan, bahwasanya hasil yang didapat adalah keputusan pemilihan karir dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun teknik bimbingan kelompok yang digunakan yaitu teknik problem solving, teknik diskusi, teknik permainan, teknik mind mapping dan teknik focus group discussion (FGD).


Full Text:

PDF

References


Adella, Nanda Bestari. 2021. “Upaya Meningkatkan Keputusan Karier Melalui Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 7 Banjarmasin.” Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling 4(2).

Amalia, Nila Istatik, Arri Handayani, dan Tri Hartini. 2020. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa: The Effect Of Discussion Engineering Group Guidance On Student Career Planning.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 15(2):19–26.

Hartanti, Jahju. 2022. “Bimbingan Kelompok.”

Humaira, Abdia, M. Husen, dan Khairiah Khairiah. 2019. “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Focus Group Discussion Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Di SMA Negeri 7 Banda Aceh.” JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling 4(2).

Julia, Muslim Afandi, dan Muslim Afandi. 2020. “Efektivitas Teknik Mind Mapping Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa.” Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan: JAPKP 1(2).

Khasanah, Ernawati, Edy Purwanto, dan Imam Tadjri. 2017. “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Life Skills dalam Pengambilan Keputusan Karir.” Jurnal Bimbingan Konseling 6(2):141–46.

Korohama, Katharina Edeltrudis Perada, Mungin Eddy Wibowo, dan Imam Tadjri. 2017. “Model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa.” Jurnal Bimbingan Konseling 6(1):68–76.

Mayasari, Harning Skripta, dan Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo. 2022. “Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 12(1):12–21.

Nuraqmarina, Fatma, dan Erna Risnawati. 2018. “Keputusan pemilihan karir: Studi komparatif pada siswa remaja jurusan IPA dan IPS.” Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(2):231–40.

Oktavia, Ika Nur. 2018. “Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karir Siswa Kelas Xi Tata Busana Di SMK Daruttaqwa Gresik.” PhD Thesis, State University of Surabaya.

Priambodo, Agus. 2017. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Permainan Kartu Karir Terhadap Sikap Pilihan Karir.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 6(3):34–39.

Priyatno, Tovik. 2016. “Upaya meningkatkan pemahaman eksplorasi karir melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok.” Psikopedagogia 5(1):49–56.

Puspita, Ayu, dan Tamsil Muis. 2018. “Penerapan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemandirian Pemilihan Karier Siswa Dalam Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kota Mojokerto.” Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling 8(3).

Rahmawati, Alriza Rahayu, Yusmansyah Yusmansyah, dan Shinta Mayasari. 2020. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kematangan Pilihan Karir.” Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling) 8(2).

Rizkiah, Vida, Raudah Zaimah Dalimunthe, dan Meilla Dwi Nurmala. 2022. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XII SMAN 1 Bojonegara Tahun 2021/2022.” Jurnal Fokus Konseling 8(1):18–25.

Rizqi, Salistina Ayu, Hijrah Eko Putro, dan Indiati Indiati. 2022. “Efektivitas Teknik Mind Mapping dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa.” Hlm. 231–37 dalam Prosiding University Research Colloquium.

Safitri, Elfa, Arista Kiswantoro, dan Edris Zamroni. 2020. “Meningkatkan Kematangan Pemilihan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 3(1).

Syafaruddin, Syafaruddin, Ahmad Syarqawi, dan Dina Nadira Amelia Siahaan. 2019. “Dasar-dasar bimbingan dan konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik.”

Syaimi, Khairina Ulfa, dan Nurmairina Nurmairina. 2023. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kemandirian Pengambilan Keputusan pada Pemilihan Karir Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pangkalan Berandan.” Journal on Education 5(2):2895–98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.