Literature review: Upaya peningkatan self-disclosure (keterbukaan diri) siswa dengan konseling kelompok

Tsabitah Rizqi Atikasari, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Siswa harus membentuk hubungan sosial yang positif, dan kemampuan untuk mengungkapkan informasi pribadi sangat penting dalam proses ini. Self-disclosure (keterbukaan diri) merujuk pada kemampuan untuk mengungkapkan informasi mengenai diri sendiri kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi layanan konseling kelompok yang dapat memfasilitasi peningkatan self-disclosure (keterbukaan diri) siswa. Peneliti mengumpulkan dan mengkaji sumber-sumber literatur yang dipublikasikan secara menyeluruh untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan konseling kelompok untuk meningkatkan self-disclosure (keterbukaan diri) siswa, metode ini dikenal sebagai metode literature review. Temuan dari penelitian ini didapatkan bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan self-disclosure (keterbukaan diri) siswa

Full Text:

PDF

References


Aksha, P. S. A. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Jcose Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24905/Jcose.V3i1.69

Andari, A. (2015). Peningkatan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Person Centered Pada Siswa Kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling,0,Article0. Https://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Index.Php/Fipbk/Article/View/219

Gainau, M. B. (T.T.). Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa Dalam Perspektif Budaya Dan Implikasinya Bagi Konseling.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V5i1.2282

Hamdiyah, H. (2018). Konseling Kelompok Melalui Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Self Disclosure Remaja [Other, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan]. Https://Repository.Unugha.Ac.Id/997/

Hana, N., Sugiyo, S., & Wibowo, M. E. (2020). Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy Terhadap Peningkatan Self Disclosure Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.52657/Jfk.V6i2.1238

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik. Nature: National Academic Journal Of Architecture, 5(2), 85. Https://Doi.Org/10.24252/Nature.V5i2a1

Irawan, L. N., Lesmana, S., & Wibowo, D. E. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Peningkatan Self Disclosure. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(02), Article 02. Https://Doi.Org/10.34005/Guidance.V19i02.2251

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.29210/120800

Nisa, W. C. (T.T.). The Implementation Of Rational Emotive Behavior Counseling With Socrates Dialogue And Self-Disclosure Techniques To Increase Student’s Self-Acceptance On Eleven Grade Student Of SMAN 1 Menganti.

Nuraini, R. S. R., Anwar, K., & Aminah, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Di SMP Negeri 4 Murung Pudak. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31602/Jmbkan.V6i1.2495

Nurhayati, T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial Pada Masa Pubertas. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(1), Article 1. Https://Www.Jurnal.Syekhnurjati.Ac.Id/Index.Php/Edueksos/Article/View/69

Ridwan, M., Am, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.36339/Jmas.V2i1.427

Setianingsih, E. S., Sutoyo, A., & Purwanto, E. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.15294/Jubk.V3i2.4610

Winarsih, W. (2018). Upaya Meningkatkan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa Kelas VIII Melalui Konseling Kelompok Di Mts Piyungan Bantul. Proceeding Annual Conference On Madrasah Teacher, 1. Https://Vicon.Uin-Suka.Ac.Id/Index.Php/Acomt/Article/View/1022

Yunita, R. (T.T.). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Disclosure Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2015/2016.

Zulkifli, A. (2018). Self-Disclosure Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Self-Esteem Pada Remaja Pengguna Media Sosial. Journal Of Psychological Science And Profession, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24198/Jpsp.V2i2.21194


Refbacks

  • There are currently no refbacks.