Analisis bibliometrik: Kajian kedisiplinan tahun 2019-2023

Dinta Rosela Prameswari, Amien Wahyudi

Abstract


Kemampuan dalam menjadikan pendidikan karakter sebagai sesuatu kekuatan bagi bangsa menjadi sebuah tantangan pada saat ini dan masa yang akan datang. Pendidikan dapat menghidupkan dan menyadarkan bahwa karakter dapat digunakan sebagai alternatif untuk memperbarui hasil Pendidikan tersebut. Esensi nilai Pendidikan ini perlu diwujudkan pada seluruh bagian Pendidikan untuk mencapai hasil Pendidikan yang memiliki keseimbangan antara kemampuan kognitif, afektif serta psikomotorik.  Studi ini menggunakan analisis bibliometric dengan sampel data sebanyak 1000 dokumen pencarian melalui Google Schoolar dengan bantuan Publish or Perish (POP). Data kemudian disimpan dalam bentuk CSV dan diinput pada VosViewer dengan hasil 7 kata kunci dan 3 klaster sesuai dengan kata kunci pencarian kedisiplinan, peserta didik dan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa topik kajian kedisiplinan merupakan salah satu nilai dari Pendidikan karakter, dimana Pendidikan karakter penting dimiliki bagi peserta didik. Pentingnya penguatan karakter kedisiplinan didasari kenyataan bahwa pada saat ini banyak perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan yang terjadi di masyarakat. Kedisiplinan merupakan bagian penting dari Pendidikan itu sendiri. kedisiplinan sangat penting bagi individu agar memunculkan karakter positif lainnya. Implikasi riset ini adalah menjadi dasar untuk melakukan penelitian terkait kedisiplinan di Indonesi

Full Text:

PDF

References


Aftiani, H. (2013). Penerapan konseling kelompok behavior untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro [PhD Thesis]. State University of Surabaya.

Alfansyur, A., Hawi, A., Annur, S., Afgani, W., & Maryamah, M. (2021). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 126–131.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 137–145.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22.

Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi revolusi mental orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 16–31

Farhatin, D., Atmaja, H. T., & Ahmad, T. A. (2016). Pemanfaatan Situs Candi Ngempon Sebagai Sumber Belajar Sejarah di MA Darul Maâ€TM arif Pringapus. Indonesian Journal of History Education, 4(2).

Fitriyani, N. L. (2020). Implementasi Kedisiplinan Siswa SD Negeri 3 Pengasih Kulon Progo. Basic Education, 9(2), 115–121.

Gustinah, S. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 [PhD Thesis]. UNISNU Jepara.

Irsan, I., & Rijal, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Kota Baubau. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 10–16.

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132

Khoiri, A., Susilawati, E., Hamidah, M. P., Kusuma, J. W., Eko Suharyanto, S. T., Kom, M., Teti Sumarni, S. S., Natalie, R. Y., Arifin, S. P., & Rihfenti Ernayani, S. E. (2023). Konsep Dasar Teori Pendidikan Karakter. Cendikia Mulia Mandiri.

LESTARI, D. P. (2020). Analisis Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 02 Agung Jaya Tulang Bawang Barat [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Madon, K. R., Malahati, F., Atin, S., Irfan, I., & Nurjanna, U. A. (2023). Pandangan eksistensialisme terhadap pendidikan karakter kedisiplinan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 13(1), 19–27.

Marjuni, A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 210–223.

Revita, F., Dewa, M., Anjani, L., & Fatoni, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Al-Irsyad Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1).

Saiful, S., & Nikmarijal, N. (2020). Meningkatkan Self-Esteem Melalui Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT). IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 6–12.

Salawati, S. P. I. (2021). Akidah Akhlak Dan Pendidikan Karakter Berbasis E-Learning Untuk Membentuk Akhlak Peserta Didik Di MI Negeri 2 Kerinci. Edu Research, 2(2), 9–16.

Salsabila, A., Affifah, A. N., & Cahyati, S. Y. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa SDN Jelupang 01. Edisi, 2(2), 318–333.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.

Santika, I. G. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan: Problematika Hasil Perubahan UUD 1945 Secara Konseptual.

Santika, I. G. N., & Suastika, I. N. (2022). Efforts of State-Owned Enterprises (SOE) in Disseminating Pancasila by Actualizing Tri Hita Karana (THK). JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 14–27

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472

Sari, M. P., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Pendidikan Karakter Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah Dalam Kitab Tuhfatu Al-Maudud Bi Ahkami Al-Maulud. Adiba: Journal Of Education, 3(3), 395–406.

Sarika, S., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Upaya Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu Dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2).

Septian, A., & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56–63.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Yanto, M. (2020). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 176–183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.